Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Inspirasi Kepemimpinan: Mengenal Gaya Efektif dan Teladan Mulia

MuhammadiyahLamongan.com – Penyampaian Materi Kepemimpinan dalam kegiatan Darul Arqam Dasar ke-9 PK IMM STITM Paciran yang diadakan di Mushola Baiturrahman Desa Solokuro pada Selasa (13/6/2023). Pemateri pada acara ini adalah Muhammad Kholis, S.Pd, Sekretaris PCPM Brondong dan juga seorang Guru di MTs Muhammadiyah 3 Sedayulawas.

Dalam materinya, Muhammad Kholis membagikan pandangannya tentang gaya kepemimpinan yang efektif. Ia menjelaskan bahwa tidak ada satu cara yang terbaik untuk mempengaruhi perilaku orang-orang, namun gaya kepemimpinan yang efektif adalah kepemimpinan yang disesuaikan dengan tingkat kedewasaan (maturity) anggota. Kedewasaan anggota tersebut terkait dengan kematangan pekerjaan dan kematangan psikologis.

Dalam menghadapi situasi kepemimpinan, Muhammad Kholis menyarankan para pemimpin untuk mengkaji situasi orang-orang, tugas, dan organisasi yang mereka pimpin. Mereka juga perlu bersikap fleksibel dalam menggunakan berbagai keterampilan kepemimpinan yang sesuai dengan situasi yang ada. Selain itu, pemimpin juga harus mempertimbangkan untuk memodifikasi unsur-unsur pekerjaan guna mencapai kesesuaian yang lebih baik dengan gaya kepemimpinan yang mereka sukai.

Dalam menjelaskan tentang enam hal yang perlu diketahui dalam kepemimpinan, Muhammad Kholis menyampaikan agar para pemimpin mengenal diri mereka sendiri, mengenal situasi yang dihadapi, memilih gaya kepemimpinan yang cocok dengan situasi tersebut, serta memenuhi kebutuhan tugas, kelompok, dan individu yang dipimpin.

Selain itu, dalam materinya, Muhammad Kholis juga menggambarkan kepemimpinan Ki Hajar Dewantara yang terdiri dari tiga sifat utama, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo (berada di depan memberi contoh), Ing Madyo Mangun Karso (berada di tengah memberikan motivasi), dan Tut Wuri Handayani (berada di belakang memberikan dorongan dan dukungan).

Muhammad Kholis juga membahas kepemimpinan Rasulullah yang memiliki sifat-sifat mulia, seperti Sidiq (jujur), Amanah (terpercaya), Tabligh (menyampaikan pesan dengan baik), dan Fathonah (berhasil mencapai tujuan).

Materi kepemimpinan yang disampaikan oleh Muhammad Kholis ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang berguna bagi para peserta dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka. Acara ini juga diakhiri dengan sesi tanya jawab yang memungkinkan peserta untuk berinteraksi dan mendapatkan klarifikasi lebih lanjut mengenai topik yang dibahas. (*)

Reporter Fathan Faris Saputro

1
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Pemimpin Muhammadiyah Itu Jangan Cengeng

Next Post

Dekan FSTP: Trobosan Baru! Seminar Kuliah Praktisi Program Studi PGSD UMLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share