Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Dorong Siswa Termotivasi Berliterasi, PR IPM MTs Muhammadiyah Palirangan Gelar Seminar Literasi dan Management Qolbu

59 sec read

muhammadiyahlamongan-Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) 12 Mts Muhammadiyah Palirangan mengadakan seminar literasi dan management qolbu setelah pelantikan PR. IPM  Mts Muhamammadiyah 12 Dusun Palirangan.

Dalam kesempatan tersebut  narasumber yang mengisi  Fathan Faris Saputro dan Yesi Andida Rahmawati. Sedangkan tema seminar adalah “Rekonstruksi berfikir kader mendorong transformasi pelajar Muhammadiyah.

“Kegiatan seperti ini adalah untuk  mendorong agar siswa-siswa termotivasi untuk berliterasi sehingga dengan follow up kedepannya akan menghasilkan sebuah karya” kata Kepala MTs Muhammadiyah 12 Palirangan, Faizin saat sambutan

Kedapan, lanjutnya, MTs 12 Palirangan akan  terus mengencarkan kegiatan   kepelatihan serupa, sehingga percontohan bagi IPM –IPM lainya. “Itu harapan kami” tegas Faizin.

Di sisi lain, Fathan Faris Saputro menyebutkan  hak tersebut  bisa dicapai dengan tiga langkah yang harus kita kerjakan. Pertama, adalah dengan mengembangkan growth mindset, yakni selalu pantang menyerah dengan mencari jalan keluar dari persoalan.

Sedangkan kedua adalah  menumbuhkan terus keunggulan adaptif dalam bentuk penguatan karakter, kompetensi, kultur kerja, kesiapan mental, fisik dan teknologi dalam berkarya.

“Ketiga adalah memperluas dimensi inovasi dalam sistem perkaderan yang meliputi bidang pelayan, proses, rekrutmen kader dalam menebar virus literasi di keluarga, sekolah dan masyarakat” ujar Fathan Faris Saputro.

Selain itu, Faris panggilan Fathan Faris Saputro. juga menjelaskan bahwa litetasi di media sosial dapat dijadikan lapangan baru bagi kerja sosial Muhammadiyah. Kerja-kerja di bidang teknologi informasi ini perlu dikerjakan secara serius (tidak sampingan) karena memuat beberapa urgensi, di antaranya: pertama, menyelamatkan masa depan anak-anak pelajar merupakan pengguna mayoritas internet dari cara berfikir yang instan akibat akses informasi yang begitu mudah.

Paling tidak, anak-anak muda ini, dapat membiasakan diri untuk tidak menelan informasi yang masuk secara mentah. Sebab itu, literasi yang perlu dipahamkan dan diajarkan oleh Muhammadiyah. (Bilal)

Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *