Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Komunitas Robotic Muhammadiyah Lamongan Mengadakan Workshop Robotics

MuhammadiyahLamongan.com – Muhammadiyah Robotic Community (MATIC) Lamongan menggelar workshop Robotics yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan keterampilan robotika di kalangan peserta didik. Acara yang berlangsung pada hari Selasa (19/09/2023) ini diadakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan.

Workshop ini dihadiri oleh 50 peserta, yang terdiri dari lembaga Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah se-Lamongan. Setiap lembaga diwakili oleh pembina atau calon pembina robotika. Agenda ini merupakan langkah awal menuju kompetisi yang akan datang dengan tajuk “MLRC” (Muhammadiyah Lamongan Robotics Competition).

Drs. Achmad El Hanif E., MM., Sekretaris Dikdasmen PDM, menjelaskan bahwa pengembangan robotika merupakan hal yang bermanfaat bagi peserta didik. Robotik ini terdapat pembelajaran yang dapat diintegrasikan sehingga memacu daya kreatifitas siswa, hal ini juga merangsang pemikiran sistematis, kritis, dan kemampuan memecahkan masalah. Tujuan lainnya adalah mengajarkan peserta didik merancang robot sederhana sebagai dasar untuk menciptakan robot yang lebih kompleks di masa depan. Workshop ini juga diharapkan dapat membimbing para pembina dalam mengembangkan potensi peserta didik mereka.

Fastabiqul Khoirot, S.Pd, Ketua MATIC Lamongan, menegaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk, pertama membina dasar pengembangan ekskul baru di lembaga Sekolah Muhammadiyah dan kedua meningkatkan kemampuan generasi muda dalam menghadapi era teknologi yang semakin maju. Beliau berterima kasih kepada Dikdasmen atas dukungannya dan berharap konsep robotika yang dikembangkan oleh MATIC Lamongan dapat menyebar tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di wilayah nasional, terutama di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Kegiatan workshop ini menekankan pembelajaran langsung dengan praktik membuat robot, sehingga para pembina dapat memahami dan meneruskan pengetahuan ini kepada peserta didik mereka. Hal ini diharapkan dapat mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan di dunia teknologi yang terus berkembang.

M. Said, S.Pd. M.Pd. Ketua Dikdasmen dalam penutupan workshop mengatakan bahwa manfaat pelatihan dan pembinaan dengan pembelajaran pembuatan robotik Ini membuat siswa mampu berpikir kreatif dan bisa mengembangkan daya berpikirnya sebagai bentuk pengembangan profil pelajar Pancasila.

Beliau sangat bangga dan berharap agar pelatihan dan pembinaan melalui robotik ini terus berkembang dan bisa menjadi contoh dan menjadi wadah kreatifitas anak sebagai bentuk pembelajaran berbasis projek. (*)

Reporter Moch Muzaki. Editor Fathan Faris Saputro.

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Kesan para Peserta Darul Arqam Ke-2 PDNA Lamongan

Next Post

Menyongsong Musycab Ke-10 PCPM Brondong: Ini Persiapan dan Harapannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share