Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

lazismu

LAZISMU: Ramadhan Berbagi Berkah Untuk Sesama

Ramadhan sebagai bulan suci bagi umat islam sebagai ajang untuk interospeksi, mempertebal keimanan dan memperbanyak ibadah, baik ibadah maghdhoh maupun ghoiro mahgdhoh. LAZISMU sebagai satu-satunya Lembaga Amal Zakat, Infaq dan Shodaqoh Resmi di Muhammadiyah memberikan sarana untuk mempermudah kepada masyarakat dalam menyalurkan Zakat, infaq dan shodaqoh. Sehingga masyarakat dengan mudah menyalurkan dan tanpa ragu disalurkan tepat sasaran.

LAZISMU Daerah Lamongan menjadikan Ramadhan sebagai bulan berkah untuk saling berbagi untuk sesama. Melaksanakan serangkaian kegiatan yang bersifat menyadarkan, mendidik dan menyalurkan tersebut dikemas dalam sebuah kegatan bertemakan RAMADHAN BERKAH UNTUK SESAMA. Berikut rangkaian kegiatan tersebut:

1. Peduli Yatim dan Fakir Miskin
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan taraf hidup anak yatim dan fakir miskin. Dilaksanakan bekerjasama dengan LAZISMU di Kantor Layanan PCM, PRM dan Ortom ditingkat Daerah hingga Ranting. Penyaluran Dana dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh cabang, ranting dan ortom sehingga LAZISMU dikenal oleh Warga Muhammadiyah khususnya.
Cara Pelaksanaan:
a. Penyaluran bantuan sembako/ uang kepada anak yatim dan fakir miskin
b. Bekerjasama dengan PCM, PRM dan Ortom
c. Bentuk bantuan kegiatan atau dalam bentuk paket sembako
2. MudikMu Aman
Kegiatan MudikMu Aman dilaksanakan dalam rangka menghadapi arus mudik dan arus balik yang sering menjadi budaya masyarakat indonesia pada saat menjelang dan pasca libur hari raya iedul fitri. MudikMu Aman membuat posko mudik dalam memberikan fasilitas kepada pemudik untuk beristriahat sejenak, konsumsi dan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis. Dari kegiatan ini harapannya para pemudik yang kecapaian dan mengalami keluhan kesehatan, bisa beristirahat dan memeriksakan kondisi kesehatannya di Posko MudikMu Aman LAZISMU yang telah disediakan.
Cara pelaksanaan:
a. Membuat Posko MudikMU aman di lokasi strategis dan di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah
b. Bekerjasama dengan PCM, PRM dan Ortom setempat
c. Membetuk kepanitiaan lokal
d. Dilaksanakan H-5 Iedul Fitri
e. Pemasangan Atribut bendera dan Umbul2 LAZISMU dan Muhammadiyah
3. Filantropis Cilik
Filantropis bermakna Peduli kepada sesama, saling memberi dan mengasihi. Sedangkan secara istilah Filantropis Cilik adalah menanamkan kepedulian kepada sesama yang dilakukan oleh Anak kepada anak lainnya yang membutuhkan. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak-anak tingkat TK (taman kanak-kanak), SD (sekolah dasar) dan TPA (taman pendidikan Al-Qur’an).
Cara Pelaksanaan:
a. LAZISMU memberikan tabung/ celengan Filantropis Cilik kepada Anak.
b. Memberikan informasi dan pemahaman kepada anak, akan pentingnya berbagi kepada sesama memanfaatkan uang recehan dan menyisihkan sebagian uang jajannya untuk orang lain yang membutuhkan.
c. Dalam waktu tertentu (2 bulan) tabung tersebut akan dikumpulkan kembali kepada LAZISMU.
d. Untuk memberikan kebanggan kepada anak-anak, maka pada saat penyerahan tabung dilaksanakan penyerahan bantuan kepada anak yatim yang ada dilingkungan sekolah tersebut.
e. Kegiatan Filantropis ini bisa juga dilaksanakan langsung kepada sasaran, yaitu kepada anak dari kader, warga dan pimpinan Muhammadiyah di semua level pimpinan yang tidak termasuk dalam lembaga kegiatan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

4 Buku Baru Siap Diluncurkan Dalam Kajian Ramadhan

Next Post

Empat (4) Amalan Pengantar Menjadi Penghuni Ar-Rayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share