Pendekatan sifat mental  hidup berdasarkan keyakinan bahwa mental hidup yang baik memiliki “karakteristik bawaan” dari lahir, baik menyangkut ciri fisik maupun kepribadian.

Karakteristik fisik dan mental mencakup antara lain: usia, penampilan, kelancaran berbicara, kecerdasan enerjik, dominan, percaya diri, ekstrovert, memliki dorongan berprestasi, terkait dengan kepemimpinan yang efektif. Mental hidup memiliki kemampuan yang luar biasa yang tiada habisnya, ketajaman berfikir, wawasan yang sangat luas, dan kemampuan mempengaruhi atau mempersuasi yang tak dapat di tolak.

Sifat-sifat mental hidup sebagaimana diidentifikasi di atas  di pandang lebih menonjol sifat “kelakian”, sehingga dikritik sebagai mengandung bias gender. Selain itu ratusan upaya penelitian gagal untuk  menemukan sifat-sifat yang dapat menjadi keberhasilan mental hidup.

Mental akan kuat kalau dapat dukungan kuat, bukan? Nah, dukungan terkuat di dunia ini adalah Tuhan. Jadi, ingatlah Tuhan sesering mungkin agar mental Anda kuat.Saya tidak tahu agama Anda. Namun, jika Anda beragama islam, cara mengingat Allah SWT adalah dengan berdzikir. Anda dapat melakukannya setelah shalat 5 waktu atau di saat-saat lain.

Anda mungkin mengalami kekecewaan dan kegagalan dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda. Jangan bersedih atau memutuskan untuk menyerah. Berpikir positiflah akan kedua hal tersebut.Caranya? Terima kekecewaan dan kegagalan tersebut dan jadikan sebagai pelajaran penting untuk melangkah yang lebih baik. Dengan demikian, mental Anda tidak terpuruk. Kebanyakan saat kecewa orang tidak bisa mengendalikan emosi sehingga mental akan down.

“Anda tidak akan sukses. Anda tidak berbakat. Anda tidak akan berubah menjadi lebih baik, anda sering menangis, anda punya fisik yang jelek”.Barangkali Anda sering mendengar pernyataan-pernyataan itu dari teman, rekan kerja, atau keluarga Anda sehingga melemahkan mental Anda.Mulai sekarang jangan pusingkan apa yang dikatakan orang. Dengarkan dari telinga kanan, lalu buang dari telinga kiri Anda.  Kemudian, fokus pada tujuan hidup Anda.

Baca Juga  Peringati Sumpah Pemuda, IPM Lamongan Bagikan Ribuan Buku Gratis

Cara lain menguatkan mental Anda adalah dengan terus mengasah kemampuan Anda. Pengasahan kemampuan ini dapat melalui dengan latihan, belajar, mengikuti kursus, atau mencoba strategi baru.Sebagai contoh, jika ada yang  kurang  berani berbicara didepan orang mulai sekarang belajar diskusi bersamaa orang.Dengan demikian, Anda percaya diri menghadapi ujian tersebut. Tidak perlu ke dukun atau ke kuburan agar mental Anda kuat, bukan?

Berolahraga merupakan cara lain memperkuat mental Anda. Sebuah kajian yang dipublikasikan Journal of Clinical Psychiatry pada September 2014 menunjukkan bahwa aktivitas fisik menurunkan gejala depresi pada orang-orang berpenyakit mental.Olahraga apa yang harus Anda lakukan? Untuk tahap awal, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda santai, atau push up setiap hari.

Secara umum, memiliki teman-teman berkaitan positif dengan kesehatan mental. Akan tetapi, di zaman sosial media sekarang ini, pertemanan di media sosial dapat memperburuk mental Anda. Jadi gunakan media sosial secara bijak.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sering membaca update status temannya di Facebook dan media sosial lain merasa lebih buruk tentang diri mereka. Dengan demikian kalian bisa mengurangi 1 jam menggunakan sosmed atau memblokir teman yang membuat kalian down mental.

Hal-hal sepele merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun, hal-hal tersebut dapat menurunkan mental Anda jika Anda membesar-besarkannya. Mengapa? Karena pikiran Anda akan diliputi aura negatif.Sebagai contoh, Anda sering ngomel-ngomel melihat tingkah laku sejumlah selebritas di TV. Alhasil, suasana hati Anda menjadi jelek dan emosi Anda naik.Jadi, mulai sekarang, bebaskan diri Anda dari hal-hal sepele. Curahkan energi dan pikiran Anda pada hal-hal penting yang berkaitan dengan tujuan Anda.

Kekuatan mental Anda turun karena mungkin Anda selalu membandingkan diri Anda dengan orang lain. Jika demikian, berhentilah melakukan hal tersebut dan mulai hargai diri sendiri agar mental Anda menjadi kuat.Identifikasi nilai-nilai etik Anda (misalnya kejujuran dan kedisiplinan). Selain itu, identifikasi pula kekuatan Anda dan fokus pada hal tersebut.Sebagai contoh, kekuatan Anda adalah menulis. Fokuslah pada kekuatan tersebut sehingga Anda menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi diri Anda dan orang lain.

Baca Juga  PCM Babat Akan Libatkan Siswa SMK Muhammadiyah Dalam Musycab Mendatang

Mengambil tanggung jawab merupakan tips ampuh melatih mental Anda. Mengapa? Karena Anda akan terpanggil untuk menjadi orang yang bertanggung jawab.Sebagai contoh, Anda seorang pembina hizbul wathan, bagaimana caranya kita melatih anak didik untuk berlatih dan berkompetisi dalam perlombaan kepanduan dengan tujun menjuarai kompetisi perlombaan tersebut.

Cara lain menguatkan mental Anda adalah dengan berani mengambil risiko. Dengan berani mengambil risiko, Anda keluar dari zona nyaman, mengerahkan semua kemampuan, dan mengizinkan diri untuk melihat apa yang akan terjadi.Faktanya, banyak orang yang tidak berani mengambil risiko. Mereka terlalu takut dan terlalu banyak menganalisis sehingga lumpuh sebelum bertindak.

Saya percaya Anda memiliki masa lalu yang kelam. Namun, sekelam apa pun masa lalu tersebut, lupakan sehingga mental Anda menjadi lebih baik. Hiduplah di zaman sekarang dan jangan terlalu mencemaskan masa depan. Sebagai contoh, pada masa lalu anda merupakan seorang pengusaha sukses namun bangkrut. Lupakan masa-masa sulit tersebut dan mulai melangkah membangun bisnis anda kembali, meskipun harus merangkak.

Terus berlatih untuk kemampuaan diri sehingga mental itu akan tumbuh dalam diri kita sehingga kita dalam menjalani hidup akan enjoy seperti tidak ada beban, tentunya selalu berfikir postif  dan berprilaku yang tidak melanggar norma agama dan dan norma-norma lain dalam kehidupan. ( Penulis: Fathan Faris Saputro, Guru Ekstra MIM 02 Solokuro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here