Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

Patriotisme Berkolaborasi: Semarak Lomba HUT RI Ke-78 di MIM 16 Karangasem

MuhammadiyahLamongan.com – Dalam semangat perayaan HUT RI ke-78, MI Muhammadiyah 16 (MIM 16) Karangasem Paciran menggelar berbagai perlombaan yang memadukan nilai patriotisme dan gotong royong. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 15 hingga 17 Agustus 2023, ini diharapkan dapat memupuk semangat nasionalisme di kalangan para siswa.

Berbagai perlombaan antar kelas dirancang untuk mendorong kolaborasi dan persatuan di antara para siswa. Kegiatan ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu kelas bawah (kelas 1, 2, dan 3) serta kelas atas (kelas 4, 5, dan 6). Beragam jenis perlombaan, seperti Bernyanyi Lagu-Lagu Nasional, Estafet Air, Tiup Bola Pingpong, Roda Tank, Obak Sodor, Harta Karun, dan Jalan Sehat, diikuti dengan antusias oleh seluruh siswa.

Sebelum perlombaan dimulai, para wali kelas dengan penuh semangat melatih siswa-siswa mereka, terutama dalam hal Bernyanyi Lagu-Lagu Nasional. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar siswa-siswa tampil dengan lebih baik dan memberikan penampilan terbaik mereka dalam kompetisi, dengan harapan meraih gelar juara.

Dalam rangka merayakan HUT ke-78 ini, MIM 16 Karangasem Paciran mengadakan dua jenis lomba yang dianggap istimewa, yaitu lomba Bernyanyi Lagu-Lagu Nasional dan lomba Obak Sodor, permainan tradisional yang mewakili nilai gotong royong. Kedua jenis lomba ini bertujuan untuk membangkitkan semangat patriotisme dan menghargai nilai seni dalam lagu. Lomba Obak Sodor sendiri bertujuan untuk melatih kepercayaan diri serta mengembangkan sikap gotong royong di antara para siswa.

Ni’ayah SAg Kepala Madrasah MIM 16 Karangasem Paciran, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini adalah agenda tahunan yang menggambarkan rasa syukur atas kemerdekaan yang diperoleh. Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan peluang emas bagi para siswa untuk mengembangkan berbagai aspek, termasuk kreativitas, kerja sama tim, dan peningkatan rasa percaya diri. Ia berpesan kepada para siswa agar memanfaatkan momen ini untuk belajar dan tumbuh secara holistik.

Dengan semangat yang membara, para siswa diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai patriotisme dan gotong royong dalam setiap perlombaan yang diikuti. Semua rangkaian acara tersebut diakhiri dengan kata-kata semangat dari Ni’ayah SAg yang diakhiri dengan ungkapan meriah, “Salam merdeka-merdeka!” (*)

Reporter Ma’in. Editor Fathan Faris Saputro.

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Merunut Filosofi Logo: Makna Tersembunyi di Balik Musyda PDPM Lamongan Ke-12

Next Post

Kelas Indah dan Nyaman, Lomba TK ABA Sidomukti dalam Rangka HUT RI Ke-78

Read next
0
Share