Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

PPNA: Anggota Keluarga Harus Berdasarkan pada Nilai Kemanusiaan

MuhammadiyahLamongan.com – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Lamongan dan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Lamongan menyelenggarakan Seminar Keluarga Sakinah dan Halal Bihalal. Acara tersebut dilaksanakan di Masjid Asy-Syifa’ Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan pada hari Rabu (1/5/2024).

Menurut data dari Pengadilan Agama Kelas 1A Kabupaten Lamongan, pada akhir tahun 2023 dari bulan Januari hingga November terdapat sekitar 2600 pengajuan perceraian yang masuk. Fenomena ini menjadi perhatian serius karena menandakan adanya krisis keluarga di masyarakat.

Selain itu, meningkatnya tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak juga menjadi sorotan. Ariati Diana Puspita Sari Ketua Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (PPNA), salah satu pemateri dalam seminar, menyampaikan berbagai tips dan trik untuk membentuk keluarga sakinah. Salah satu kunci utamanya adalah prinsip kesetaraan, di mana hubungan antar anggota keluarga didasarkan pada nilai kemanusiaan yang mendorong sikap saling pengertian, toleransi, dan penghargaan terhadap satu sama lain.

“Pola hubungan antar anggota keluarga yang didasarkan pada kesetaraan nilai kemanusiaan mendorong munculnya sikap tafahum, tasamuh, dan penghargaan terhadap orang lain walau status dan usia berbeda,” jelasnya.

Menurutnya, dengan mengadopsi pola kesetaraan ini, diharapkan munculnya sikap dialogis, saling menghargai, saling mengisi, dan membudayakan kasih sayang dalam keluarga. (*)

Reporter M Bakhrus Salam. Editor Fathan Faris Saputro.

1
Share this article
Shareable URL
Prev Post

MPID PCM Brondong Berperan Aktif dalam Liputan Kegiatan Muhammadiyah

Next Post

Hardiknas: Siswa MIM 16 Paciran Membatik dan Mengelola Bahan Bekas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share