Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Prof Biyanto Mengajak Mengambil Hikmah Perang Uhud, Ini Penjelasannya

MuhammadiyahLamongan.com – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan menyelenggarakan acara Silaturrahim dan Halal Bihalal yang berlangsung di Convention Hall KH Hisjam Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) pada hari Kamis (2/5/2024). Acara tersebut turut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA, serta Sekretaris PWM Jawa Timur, Prof. Dr. Biyanto, M.Ag.

Prof. Dr. Biyanto, dalam kesempatan tersebut, mengajak para hadirin untuk merenungi hikmah dari perang Uhud, sebuah peristiwa bersejarah dalam Islam di mana pasukan Rasulullah hampir menang namun terlena dengan harta rampasan perang. Ia menekankan bahwa momen bahagia seharusnya dijadikan kesempatan untuk saling memberi, bukan malah berfoya-foya atau rebutan. “Orang hebat bukanlah yang menang dalam bertarung, namun orang hebat adalah yang sabar dan mampu menahan amarahnya,” tegasnya.

Dalam penjelasannya, ia juga menyoroti pentingnya Silaturrahim dan Halal Bihalal sebagai sarana untuk melemaskan yang kaku, membuka yang buntu, dan melancarkan yang susah. Menurutnya, kader Muhammadiyah Lamongan harus aktif berdiaspora dan berperan dalam masyarakat, sesuai dengan pesan Kiai Dahlan untuk kembali ke Muhammadiyah.

“Di Muhammadiyah, semangat beramal harus mendominasi. Prinsipnya adalah ‘dadio wong seng seneng ngamal, Ojo seneng ngomel’,” jelasnya, menggarisbawahi pentingnya beramal daripada mengomel. Ia juga menambahkan bahwa saat ini, dalam era informasi, dakwah melalui media sosial juga menjadi penting, sesuai dengan semangat Hizbul Wathan “Sedikit bicara banyak bekerja”, namun dengan tambahan prinsip “banyak bekerja dan banyak bicara”.

Dengan penjelasannya yang mendalam dan relevan, ia memberikan inspirasi serta arahan yang berarti bagi para hadirin dalam memperkokoh persaudaraan dan kesadaran akan pentingnya berkontribusi positif dalam masyarakat. Hal ini mencerminkan semangat Muhammadiyah dalam berperan aktif dalam membangun bangsa dan umat. (*)

Reporter Moch Muzaki. Editor Fathan Faris Saputro.

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Pelantikan PC IPM Solokuro: Melambungkan Sinergi Hebat Pelajar

Next Post

UMLA Gelar Aksi Solidaritas untuk Dukung Kemerdekaan Palestina dan Kutuk Israel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share