Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Sosok Kabid Kader PC IMM Lamongan: Kiprah Luar Biasa sebagai Guru dan Aktivis

MuhammadiyahLamongan.com – Moch Muzaki, seorang guru dan aktivis, telah memberikan kontribusi luar biasa dalam bidang pendidikan dan aktivisme di Lamongan. Kiprahnya yang mengesankan telah membuatnya dikenal sebagai Kabid Kader PC IMM Lamongan dan seorang pendidik di SD Muhammadiyah 1 Turi.

Sejak pendirian SD Muhammadiyah 1 Turi pada tahun 2021, Moch Muzaki telah mengabdikan dirinya sebagai guru di sekolah tersebut. Ia mengajar di kelas 1 dan 2, mengajar mata pelajaran olahraga, seni, dan pancasila kepada para siswa.

Tidak hanya dalam bidang pendidikan, Muzaki juga telah meraih pencapaian luar biasa sebagai seorang aktivis. Ia telah menjabat sebagai Kabid RPK PC IMM Lamongan pada tahun 2022-2023 dan Kabid Kader PC IMM Lamongan pada tahun 2023-2024. Selain itu, ia juga menjadi Anggota Bidang Lingkungan Hidup PDPM Lamongan tahun 2023/2027. Muzaki juga terlibat dalam beberapa komunitas di Lamongan, aktif di ormawa kampus sejak tahun 2019 hingga saat ini, serta menjadi kontributor di MuhammadiyahLamongan.com. Di samping itu, ia juga menjadi Instruktur di PC IMM Lamongan.

Ketika ditanyakan mengenai pendapatnya tentang pentingnya pendidikan dan aktivisme dalam masyarakat, Muzaki menyatakan, “Pendidikan adalah dasar bagi manusia untuk memiliki ketrampilan hidup dalam masyarakat, dan aktivis adalah aksi nyata dalam mengimplementasikannya, berkarya nyata,” ujarnya Rabu (8/11/2023).

Muzaki juga menjelaskan motivasinya untuk terlibat dalam kegiatan kaderisasi di PC IMM Lamongan, “Kaderisasi adalah pondasi awal bagi perkaderan, pentingnya idealisasi perkaderan dan individualisasi kader agar sukses dalam mencetak kader sesuai dengan arah tujuan organisasi, pengembangan kepribadian kader adalah demi kebaikan kader itu sendiri agar mampu menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat,” ucapnya.

Tentang bagaimana ia berhasil membagi waktu antara pekerjaan sebagai guru dan aktivisme, Muzaki mengungkapkan, “Ada jadwalnya, tiap hari sudah list kegiatan dan plan perpekan sehingga tau jadwalnya, lalu konsep prioritas dan urgent menjadi pokok dalam manajemen waktu,” paparnya.

Muzaki pun memberikan pesan kepada generasi muda, “Terus belajar, mencari pemahaman dan pengalaman sebanyak mungkin, berani mengambil risiko, dan niat tulus untuk berkarya nyata,” tuturnya.

Dalam upayanya memajukan IMM dan pendidikan di SD Muhammadiyah 1 Turi, Muzaki menganggap kaderisasi sangat penting untuk IMM. Dia juga menjelaskan bahwa trikoda menjadi spirit keseimbangan demi kesuksesan tujuan organisasi. Sementara untuk SD Muhammadiyah 1 Turi, Muzaki dengan tulus membantu mengembangkan lembaga dan mencerdaskan anak didik.

Ketika ditanya tentang tantangan utama yang dihadapi dalam menjalankan peran ganda sebagai guru dan aktivis, Muzaki menjawab, “Keterbatasan waktu, pekerjaan yang padat, dan kecapekan fisik,” paparnya.

Mengenai jabatannya di berbagai organisasi, Muzaki saat ini menjabat sebagai Kabid Kader PC IMM Lamongan 2023-2024, Anggota Bidang LH PDPM Lamongan 2023-2027, dan Wakil Ketua Karangtaruna Desa Gedungboyountung.

Ayahnya bernama Ibnu Sutowo dan ibunya bernama Istiqomah. Saat ini, Muzaki bertempat di Desa Gedungboyountung, namun sering membagi waktunya dengan tinggal di rumah Paji Pucuk, rumah Pakleknya.

Moch Muzaki adalah contoh nyata dari seseorang yang mampu memberikan kontribusi luar biasa dalam pendidikan dan aktivisme, menunjukkan bahwa peran ganda sebagai guru dan aktivis bisa dijalani dengan baik jika manajemen waktu dan semangat yang kuat ada. (*)

Reporter Fathan Faris Saputro

5
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Pencerahan Wakil Ketua PDM Lamongan: Membangun Sinergi Nasyiah Menuju Keluarga Harmonis dan Prestasi Organisasi

Next Post

Vivid Rohmaniyah: Guru dan Penulis Ulung yang Membanggakan sebagai Duta Baca Lamongan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share