Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Vivid Rohmaniyah: Guru dan Penulis Ulung yang Membanggakan sebagai Duta Baca Lamongan

MuhammadiyahLamongan.com – Vivid Rohmaniyah, S.Kom, S.Pd, M.Pd, seorang pendidik yang berdedikasi tinggi, telah menjadikan budaya literasi sebagai salah satu aspek penting dalam pendidikan. Literasi bukan sekadar membaca dan menulis, melainkan sebuah proses yang mengajarkan pemahaman, penjelasan, dan aplikasi dari segala sesuatu yang dilihat atau dilakukan seseorang.

Sebagai seorang guru, Vivid Rohmaniyah telah menciptakan budaya literasi dalam desain pembelajaran kepada para peserta didiknya. Ia menghadirkan stimulus berupa teks bacaan, video, komik, cerpen, dan poster, dengan harapan untuk mendorong peserta didiknya berpikir lebih kritis dan kreatif.

Prestasi Vivid Rohmaniyah dalam bidang literasi juga tercermin dari pencapaiannya sebagai Instruktur Nasional AKMI. Keberhasilannya dalam menjadi Instruktur Nasional adalah bukti nyata dari kompetensinya dalam literasi dan kemampuannya untuk memberikan panduan dan inspirasi kepada generasi muda.

Selain itu, Vivid Rohmaniyah aktif terlibat dalam kegiatan masyarakat dengan mengadakan diskusi dengan berbagai kelompok, seperti warga RT, PKK, NA, dan ‘Aisyiyah. Diskusi ini membuka peluang bagi anggota organisasi untuk memberikan komentar dan tanggapan atas topik yang dibahas, yang juga berkontribusi pada peningkatan literasi masyarakat.

Meskipun awalnya belum mahir menulis secara mandiri, Vivid Rohmaniyah tak pernah berhenti belajar. Ia mengikuti berbagai event yang diselenggarakan oleh penulis-penulis terkemuka, sehingga dapat mengasah keterampilan menulisnya. “Semua upaya ini dilakukan dengan tujuan untuk mengaplikasikan gagasan dalam bentuk tulisan,” tuturnya, Kamis (9/11/2023).

Tidak hanya dalam lingkungan sekolah, masyarakat juga memberikan dukungan besar terhadap gerakan literasi. Terbukti dengan antusiasme orang tua wali murid di sekolah tempat Vivid mengajar, yang aktif menghias kelas-kelas dengan kata-kata dan kalimat-kalimat positif untuk anak-anak di kelas.

Dalam upaya mengembangkan literasi, Vivid Rohmaniyah juga menginisiasi berbagai kegiatan, seperti mengisi mading-mading kelas dengan cerita pendek, puisi, pantun, komik, dan sejenisnya yang dibuat oleh para siswa. Ia juga mengajak para kakak-kakak IPM untuk latihan menulis berita dalam setiap kegiatan yang diadakan.

Menyediakan layanan pojok baca di setiap sudut kelas, membuat mading tiap kelas, dan juga mengajak kepada guru dan peserta didik untuk membaca minimal one day one paragraph juga merupakan upaya konkret yang dilakukan Vivid Rohmaniyah dalam memajukan literasi.

Vivid Rohmaniyah, S.Kom, S.Pd, M.Pd, yang lahir di Lamongan pada tanggal 19 Oktober 1991, adalah seorang guru yang aktif dan berdedikasi tinggi dalam mempromosikan budaya literasi di Lamongan, Jawa Timur. Selain menjadi seorang pendidik, Vivid juga memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, seperti lulusan S1 Teknik Informatika di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan S1 Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Terbuka. Ia juga telah menyelesaikan gelar S2 dalam Pendidikan Islam di Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Pengalaman organisasinya yang luas mencakup berbagai posisi dalam berbagai organisasi seperti CSS MoRA UIN Maliki Malang, IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), dan banyak lagi. Selain itu, Vivid juga memiliki prestasi dalam berbagai bidang, seperti juara dalam kompetisi bulu tangkis dan pidato bahasa Inggris.

Sebagai seorang pendidik, Vivid Rohmaniyah telah mengajar berbagai mata pelajaran, termasuk Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Tahfidz, TIK, Fiqih, dan SKI. Ia telah memberikan kontribusi yang berharga dalam pendidikan dan literasi.

Vivid Rohmaniyah juga memiliki banyak prestasi di bidang menulis. Ia telah berkontribusi dalam penulisan buku bersama dengan penulis terkenal, seperti “Medsosku Sayang Medsosku Malang” dan “Tuhan Memberi Lebih dari yang Kau Minta.” Buku-buku tersebut mencerminkan pemahaman dan kontribusi Vivid dalam berbagai aspek literasi dan pendidikan.

Selain itu, keahliannya dalam berbagai bidang, seperti Microsoft Word, Excel, Corel Draw, Photoshop, fotografi, dan videografi, membuktikan bahwa Vivid Rohmaniyah adalah seorang individu multitalenta yang siap berkontribusi dalam berbagai bidang.

Vivid Rohmaniyah adalah sosok yang membanggakan sebagai Duta Baca Lamongan dan penulis ulung yang berkomitmen untuk meningkatkan literasi dan pendidikan. Ia telah menginspirasi banyak orang dengan dedikasinya dan prestasinya yang gemilang dalam berbagai bidang. (*)

Reporter Fathan Faris Saputro

3
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Sosok Kabid Kader PC IMM Lamongan: Kiprah Luar Biasa sebagai Guru dan Aktivis

Next Post

Studi Banding PDM Sragen di PRM Brangsi: Memperkuat Koneksitas Kemajuan dan Silaturahim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share