Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Tingkatkan Kualitas Berjurnalistik, MTs Muhammadiyah 2 Karangasem Kelas Jurnalistik Ramadhan

1 min read

muhammadiyahlamongan-Sebagai upaya untuk meningkatkan keahlian siswa dalam bidang jurnalistik, MTs. Muhammadiyah  2  Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan mengadakan kelas jurnalistik ramadhan yang diikuti tim redaksi majalah sekolah.

Dalam kelas jurnalistik ramadhan itu peserta  dipandu Abdullah Faishal, Fathan Faris Saputro, Agus Salim Rohman. Materinya terkait cara menulis redaksi berita, editing, layout halaman, Fotografer, manajemen media, hingga siap dicetak.

Narasumber juga juga menjelaskan tentang  ragam tulisan di koran, untuk diterapkan dalam majalah sekolah ini sehingga bisa bersaing dengan lembaga yang lain.

Salah satu siswa kelas VII, Syahrul Dimasyah, mengatakan, banyak ilmu yang diperoleh hari ini dan mempraktikkan untuk majalah sekolah, sehingga  membangkitkan peserta untuk mempu menulis berita dan video.

 ”Walaupun saya masih umur 16 tahun,  saya tidak mau ketinggalan zaman di zaman digital ini. Jika kita belajar dan mencobanya maka kita tidak ketinggalan zaman” kata Syahrul Dimasyah.

Hal senada disampaikan Ainu Qolbi. Dia menambahkan, gadget ternyata menjadi salah satu modal penting untuk bisa mengembangkan media online.

 ”Kami  biasa pakai gadget harus mampu mengarahkan kebiasaan ini  ke arah yang lebih positif dan bermanfaat,”  ungkapnya.

Di sisi lain, narasumber Fathan Faris Saputro menegaskan untuk membuat sebuah berita harus memahami kerangka aturan dan teknisnya terlebih dahulu.

“Belajar teori baru beraksi setelah dipahami dengan jelas. Membuat berita akan menjadi hal yang sangat mudah jika memahami teorinya” jelas Fathan Faris Saputro.

Sementara itu, Kepala sekolah MTs. Muhammadiyah 2 Karangasem, Asnur Rumiaji, S. Pd.  Memapaparkan  kegiatan  tersebut  menjadi salah satu pembelajaran penting bagi para siswa.

”Mereka mendapat materi langsung dari para ahlinya, harapan kami dari pengalaman berharga ini dapat mempraktikkan di sekolah,” ujarnya.

Sedangkan Pembina majalah sekolah,  Azhar Agus Salim, S.Pd.I menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan  menyiapkan para redaktur media majalah sekolah.

  ”Para siswa wajib mengenal dunia jurnalistik serta mempunyai kemampuan dalam manajemen redaksi. Kelas jurnalistik ini dengan harapan meningkatkan kualitas media sekolah, baik mading, majalah sekolah, maupun media online,” pungkas Azhar Agus Salim, S.Pd.I . (far)

Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *