Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

Bedah Buku Menjadi Penulis Produktif Dorong Literasi dan Peradaban

MuhammadiyahLamongan.com – Bedah buku “Menjadi Penulis Produktif” turut melengkapi kesuksesan acara Rakerda dan pelatihan jurnalistik praktis yang diselenggarakan oleh Majelis Pustaka, Informasi, dan Digitalisasi (MPID) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan. Acara ini berlangsung pada Ahad (7/7/2024) di Aula Gedung Serbaguna Masjid Asy-Syifa’ Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan (RSML).

Dr. Piet Hizbullah Khaidir, S.Ag., M.A., menjadi pemateri dalam rangkaian bedah buku ini. Di awal perkenalannya, ia memberikan pengantar mengenai literasi. Menurutnya, literasi bukan hanya sekedar menulis, tetapi juga pengambilan keputusan adalah salah satu bentuk literasi.

Ia menjelaskan bahwa pengambilan keputusan menjadi salah satu bentuk literasi karena adanya wujud pengetahuan. “Mengapa dikatakan literasi? Karena ketika kita membuat keputusan, maka di situ terdapat wujud adanya pengetahuan,” ujar penulis opini di media Kompas tersebut.

Pengetahuan yang disampaikan olehnya meliputi sejarah sebelumnya. Tidak hanya tentang sejarah, namun pengetahuan juga mencakup pembuatan suatu keputusan dan berinteraksi terhadap suatu keputusan yang mungkin sudah diambil.

Ia juga memberikan testimoni terhadap buku tersebut, “Buku ini sangat menginspirasi bagi semua orang yang membacanya. Maka dari itu, membaca harus dilanjutkan dengan menulis,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan tahapan belajar menulis produktif, antara lain: menyiapkan diri untuk selalu membaca, belajar menulis sesuai passion, belajar memilih diksi yang kuat. Kemudian jika sudah paham atau mahir dalam kepenulisan, barulah belajar menulis berdasarkan hasil refleksi.

Dalam closing statement-nya, ia menuturkan sedikit pesan perihal menulis sebagai simbol peradaban. “Menulis bukan sekedar untuk membuat sejarah, namun juga untuk menciptakan peradaban. Bukan hanya untuk tercatat oleh sejarah, tetapi menulis adalah simbol peradaban yang dapat membawa perubahan,” pungkasnya. (*)

Reporter Vina Indriani. Editor Fathan Faris Saputro.

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Kesan Positif Peserta di Pelatihan Jurnalistik MPID PDM Lamongan

Next Post

Inilah Hasil Tindak Lanjut Rakerda dan Pelatihan Jurnalistik MPID PDM Lamongan

Read next
0
Share