MuhammadiyahLamongan.com – Tujuan dakwah Muhammadiyah ialah salah satunya mempercepat proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan tututan dinamika masyarakat.

Selain itu, mempercepat upaya pengembangan masyarakat hal itu disampaikan M. Sholihin Fanani Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur saat Kajian Jelang Ramadhan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Lamongan, Kamis(25/5) siang di Gedung Dakwah Muhammadiyah Lamongan.

Menurut, Sholihin panggilan akrab M. Sholihin Fanani upayah itu kearah terbinanya masyarakat yang dinamis yang siap menempuh perubahan sosial kearah yang lebih baik.

Baca Juga  LIMA DIABAIKAN, LIMA KERUGIAN

“Mempercepat upaya masyarakat sesuai dengan perkembangan organisasi. Pasalnya, tujuan dakwah Muhammadiyah harus membawa perubahan hidup masyarakat untuk lebih maju”, tambahnya.

Lebih lanjut, Sholihin menjelaskan dakwah Muhammadiyah harus memperoleh umpan balik dan masukan untuk meningkatkan perbaikan masyarakat. Meski demikian, tentunya dakwah harus ada kritik yang sifatnya negatif sehingga berusaha untuk memperbaiki bukan sebaliknya malah anti kritik karena itu tidak baik.

Baca Juga  Kalau Tidak Kuat Berdakwah Di Muhammadiyah Silakan Pulang Saja

Selain itu, sasaran dakwah Muhammadiyah harus tepat. Pertama, sasaran dakwah kepada masyrakat yang sudah beragama islam tetapi belum sesuai Al Qur’an dan Al Hadits. Kedua, kepada orang yang belum beragama islam agar diberitahu tentang kebagusan ajaran islam.

Di pengujung penyampaian materi, Sholihin mengajak peserta mubaligh agar dakwah harus mampu membangun sistem masyarakat, berbangsa dan bernegara agar sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama islam, pungkasnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here