Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

Ciri Manusia Penghuni Surga

pengajian-ranting-ipmMuhammadiyahLamongan.com – Pemuda yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) memberikan sentuhan sedikit berbeda dalam memperingati HUT ke-71 Republik Indonesia. Selain mengadakan beberapa lomba untuk santri TPA dan MIM Medalem juga diselenggarakan pengajian pada puncak acara.(20/08).

Halaman masjid Al-Ikhlas Medalem dipadati oleh sekitar 300 jamaah yang antusias mengikuti pengajian. Warga sekitar masjid berbondong-bondong meluangkan waktu untuk ikut mensukseskan pengajian serta peringatan HUT ke-71 RI.

Sebelum pengajian dimulai santri TPA dan MIM Medalem menghibur jamaah dengan menampilkan kreasi seni. Panitia peringatan HUT RI juga membagikan hadiah kepada para pemenang lomba yang diadakan beberapa hari sebelum puncak acara.

Ustadz Hadi Sucipto da’i dari Sidoarjo yang didatangkan khusus mengisi pengajian menyampaikan untuk menghindari musyrik dan riya. “ciri-ciri penghuni surga, diantaranya adalah menjauhi kemusyrikan, berhati-hati dengan sikap riya (pamer dan mengharap balasan),” katanya.

Selain itu Ustadz hadi Sucipto juga memberikan beberapa tips menjalani kehidupan. Hidup ini akan menjadi lebih indah apabila muslim dan muslimah meneladani Rasulullah S.A.W dalam amaliah. Berikut ini adalah tips-tips yang harus dilakukan oleh muslim dan muslimah dalam menjalani hidup :

1. Jauhi Musyrik

Musyrik merupakan dosa terbesar bagi seorang muslim. Allah tidak akan mengampuni orang yang berbuat syirik kepadaNya, jika ia meninggal dunia dalam kemusyrikannya. Maka dari itu jangan sekalipun muslim mendekati apalagi menjalani.

2. Jauhi Sikap Riya’

Riya’ merupakan jenis penyakit hati yang saat ini banyak menghinggapi hati manusia. Sikap ini dapat menghapus segala amal yang dikerjakan. Banyak manusia yang tidak menyadari kehadiran sikap dan sifat ini dalam dirinya, karena kehalusnya dalam menyelimuti hati.

3. Menjaga Sholat

Seorang muslim wajib hukumnya menjaga sholat, jangan sampai melaksanakan sholat hanya untuk menggugurkan kewajiban yang melekat pada diri muslim dan muslimah. Sholat dapat dijadikan sebagai penolong dalam kesulitan yang dialami oleh muslim.

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَ

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” [QS. Al-Baqarah: Ayat 45].

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Kaya Bukan Hal Yang Menarik Buat Pengusaha

Next Post

Pemantapan Ideologi Kemuhammadiyahan Kepada AUM

Read next
0
Share