turba-pwm-jatimMuhammadiyahLamongan.com – Peran Muhammadiyah dalam bidang pelayanan sosial dan pendidikan, sepak terjangnya memang tidak diragukan lagi. Ibaratnya, dalam fokus kedua bidang itu Muhammadiyah sudah sangat matang dan berpengalaman dalam pengembangan dan pengelolaannya. Terbukti sudah banyak sekolah, perguruan tinggi dan rumah sakit yang angkanya mencapai ratusan sampai ribuan di Indonesia.

“Pasca Muktamar di Makassar, Muhammadiyah menambah peran sentralnya di tengah tengah umat dengan mencanangkan kemandirian ekonomi, atau yang biasa kita sebut Jihad ekonomi,”tutur Anwar Abbas, Ketua PP Muhammadiyah mengawali pengarahannya dalam konsolidasi Organisasi PWM Jawa timur pada Ahad, (13/11). Bertempat di Hall sang pencerah UM Gresik yang baru saja diresmikan, Anwar menyampaikan bahwa kunci utama Jihad Ekonomi Muhammadiyah terletak pada kekompakan semua elemen, dari pimpinan atas sampai anggota dibawah.

Baca Juga  Menengok Kebangkitan Hizbul Wathan di Lamongan

Dalam acara yang dikemas dalam bentuk turba dan dihadiri oleh lima PDM (Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Bojonegoro, Tuban) tersebut, Anwar mengungkapkan bahwa Muhammadiyah Jawa Timur punya kekuatan. “Salah satu contohnya, Muhammadiyah Jawa Timur ini kuat, tidak lain dan tidak bukan terletak pada ketenangan, keberanian dan soliditas yang dibentuk pimpinan, dari atas ke bawah,” tuturnya dihadapan 300 peserta acara tersebut.

“Setelah kuat, tugas kita selanjutnya menggalang kekuatan dalam ekonomi,” tegasnya. Untuk membangun kekuatan ekonomi tersebut, Anwar memberikan resep yang beliau pelajari dari banyak pengusaha, “Fokus, kerja keras, Silaturahmi dan yakini kekuatan dari Allah,”laniutnya. Anwar menambahkan bahwa kunci itu menjadi prasyarat untuk menjadikan Muhammadiyah menjadi kekuatan ekonomi yang besar di negeri ini. “Setelah ini, kalau menginginkan Muhammadiyah menjadi kekuatan besar, segera lakukan perencaan kedepan, kebijakan dan eksekusi yang baik, dan pengelolaan yang baik,”sambungnya.

Baca Juga  Launching Web Muhammadiyah Lamongan Oleh DR.KH. Haidar Nashir

Dalam kesempatan itu, Saad Ibrahim, Ketua PWM Jawa Timur juga mengungkapkan keseriusan nya dalam mengawal jihad ekonomi di wilayah Jawa timur dan mencontohkan banyak daerah yang sudah melaksanakan nya. “Kita berdoa, semoga Allah menjadi sebaik baik penolong bagi usaha dan rencana kita untuk Muhammadiyah,”tutupnya. (Irfan Syaifullah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here