Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Diklat Jurnalistik di Ponpes Karangasem, Jika Ingin Menulis Berita dengan Baik, Maka Beranikan Memulai Menulis

51 sec read

muhammadiyahlamongan- Jika Ingin menulis berita dengan baik, maka beranikan memulai untuk menulis. Karena dengan memulai menulis akan mengatahui kekurangan untuk dilakukan perbaikan atau penyempurnaan.

Demikian dikatakan Hamim Anwar, anggota Bidang Diklat dan SDM Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) Lamongan, saat mengisi materi tehnik menulis berita di diklat jurnalistik di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan, Jum’at (13/9) siang.

”Memulai menulis adalah sebuah keberanian untuk bisa menghasilkan karya jurnalistik. Maka kalau ingin menulis dengan baik, maka harus dimulai menulis” tegas Hamim.

Tentunya, lanjut Hamim, dalam tehnik menulis berita itu ada pedoman yang harus dilakukan oleh si penulis berita.
“Diantaranya dalam sebuah berita itu harus ada unsur 5W dan 1H” ungkapnya memaparkan.

Seperti diketahui seratus lebih santri Pondok Pesanten Karangasem Paciran Lamongan bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan menggelar diklat jurnalistik.

Ketua Panitia Taufik Hidayat, mengatakan diklat jurnalistik singkat itu bertujuan mengembangkat bakat santri di bidang jurnalistik atau kewartawanan.

”Semoga membawa manfaat dan diteruskan dan diimplimentasikan, diantaranya untuk media pondok” kata Taufik Hidayat, Jum’at (13/9) siang.

Maka, lanjutnya, seluruh peserta diharapkan mengikuti dengan serius seluruh materi yang disampaikan para narasumber. “Ini adalah kesempatan yang bagus untuk belajar jurnalistik, maka seruluruh peserta harus mampu memanfaatkan kesempatan itu” ungkap Taufik Hidayat.

Di sisi lain, Pembina Bagian Infokom Pondok Pesanten Karangasem, Ali Fauzi, saat ini adalah saatnya jihat atau berjuang di bidang tulis-menulis.

“Pada zaman Rasulullah jihad untuk melawan keburukan harus dengan pedang, tapi saat ini berjihad bisa dengan menulis, maka menulislah” terang Ali Fauzi. (LIK-PDM)

Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *