Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

Hadi Sucipto : Jangan Berhenti Menuntut Ilmu

MuhammadiyahLamongan.com – Suasana gegap gempita sangat terlihat dalam wisuda ke-29 siswa SMK Muhammadiyah 6 Modo, Lamongan, 28/4/2018.

Berbagai kreasi seni mengisi jedah acara, diantaranya musikalisasi, paduan suara dan puisi.

Tepuk tangan bergemuruh memecah keheningan acara yang bertempat di aula Snakma.

Sebanyak 46 siswa mengikuti prosesi wisuda, disaksikan orang tua siswa. Aula yang bermuatan 250 kursi terisi seluruhnya.

Beberapa peserta wisuda meneteskan air mata selama prosesi wisuda, begitu juga bapak dan ibu guru yang berjajar berdiri menyambut siswa turun dari panggung utama. Iringan musik dari tim paduan suara menambah kesahduan dan “kekhusu’an” acara.

Ustadz Hadi Sucipto, menyampaikan tausyiah di hadapan undangan. Dai asal Sidoarjo ini memberikan 3 wasiat kepada siswa yang lulus.

Pertama, Bersabarlah. Seorang penuntut ilmu harus mempunyai bekal sabar, tidak boleh lekas lelah karena ilmu Allah seperti lautan yang luas. Untuk mencairkan suasana, Hadi, begitu panggilan akrabnya-melemparkan pertanyaan kepada siswa kelas XII, “Siapa yang akan nikah setelah ini,”? Sontak semua hadirin bersorak dan suasana menjadi cair kembali. “Kalian masih punyak kesempatan yang panjang, jangan menyerah. Teruslah menuntut ilmu. Saat ini banyak beasiswa kuliah. Tinggal Anda mau atau tidak,” urai Muballigh Nasional yang sering tayang di TV One ini. Hadi juga mengungkapkan bahwa hidup itu berproses, tidak ada yang langsung jadi.

Kedua, lanjut Hadi. Perbaiki Akhlak. “Jangan banyak membantah, jangan banyak bertanya. Perbanyaklah mendengar. Perbaiki hubungan dengan orang tua,” pesannya. Akhlak yang bagus akan memberikan kepercayaan kepada orang lain.

Hadi melanjutkan pesan ketiga, yaitu Perbanyak Silaturrohiim. “Teman kalian yang sudah terjalin teruslah dirawat, dan tambah terus teman kalian,” kata pria lulusan ponpes Karangasem Muhammadiyah Paciran ini. Hadi berpesan agar setelah lulus, siswa menjalin komunikasi dengan banyak pihak, agar pengalaman semakin bertambah. “Jangan duduk saja di rumah, keluarlah, silaturrohim dengan tokoh-tokoh dan para pengusaha,” urainya lebih lanjut.

Kepala SMK Muhammadiyah 6 Modo, Sugimo dalam sambutannya juga berpesan kepada siswa yang lulus agar tetap menjalin hubungan yang baik dengan sekolah. “yang lebih penting lagi jaga sholat kalian. Menjadi apapun kalian jangan lupakan ibadah. Ingatlah ajaran-ajaran yang telah diberikan selama 3 tahun di sekolah,” tuturnya.(Mohamad Su’ud)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Nadjib Hamid For DPD RI

Next Post

M. Busyro Muqoddas: Sudah Saatnya Persyarikatan Memenangkan Kader yang Berjihad Lewat Politik

Read next
0
Share