Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

pendidikan luar sekolah

Handsanitizer dari Kulit Kacang Tanah Antarkan MUH1BA Juara 1 Nasional PLS

MuhammadiyahLamongan.com – Prestasi gemilang ditorehkan kembali SMA Muhammadiyah 1 Babat. Sebagai Juara 1 Nasional dalam lomba PLS (Pendidikan Luar Sekolah) 2017 Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial UNESA tentu sangatlah membagakan banyak pihak. Lomba yang dilaksanakan pada 19 Oktober 2017 ini menjadi wadah untuk mengasah kemampuan siswa. Selain itu hasil dari karya bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

“Ini awal yang bagus di tahun Pelajaran ini, dan supaya bisa memotivasi murid-murid lainnya juga karya ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas”, Kata Nurul Huda selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Babat.

Karya yang diajukan oleh siswa sekolah ini adalah Handsacang. Handsacang merupakan pembersih tangan, seperti yang ada di rumah sakit namun memanfaatkan limbah kulit kacang sebagai bahan dasarnya.

Berikut nama-nama siswa peraih prestasi

  1. Nandiroh Kelas XII IPA-1 dr PRM Wangun-Palang-Tuban
  2. Sallwa Asrofil Masru’ah Kelas XII IPA-1 dr PRM Babat Timur (Jl Raya Lama)
  3. Kartika Merdekawati Mulyono Kelas XII IPA-2 dr PRM Patihan-Babat

Biasanya hand sanitizer terbuat dari alkohol, yang mempunyai banyak bahaya seperti gatal-gatal dan kulit terkelupas. Pada awalnya, kami terinspirasi pada kulit kacang termasuk kulit ari yang selama ini kurang termanfaatkan. Setelah diteliti, ternyata terdapat kandungan antibakteri yang sesuai untuk pembuatan pembersih tangan/lebih tepatnya handsanitizer.

Proses pembuatannya cukup sederhana, hanya butuh waktu lama untuk menyaring semua hasil ektstrak kulit kacang, kulit ari, lidah buaya agar tidak terjadi pengendapan pada hasil ekstraksi. Untuk persiapan, kami siap pulang sekolah pada saat waktu berganti petang setiap harinya demi ikut lomba.

Karya ini mengikuti lomba di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Tingkat Propinsi, karya ini mendapatkan Juara 1 setelah menyisihkan 10 Finalis yang lain. (Amin)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

BP Muhammadiyah Sugio Resmi Punya Layanan BJPS Kesehatan, Ditandai dengan Penandatanganan MoU

Next Post

HASIL PEROLEHAN HEWAN QURBAN IDUL ADHA 1438 H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share