Redaksi muhammadiyahlamongan.com menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Muhammadiyah Babat Peduli Janazah

35 sec read

MuhammadiyahLamongan.com –¬†Kepeduliaan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Babat terhadap amaliah ibadah patut dicontoh. Sebanyak 70 peserta mengikuti kegiatan pembekalan Kaifiyah perawatan Janazah yang berlangsung di gedung dakwah, Jumat, 3/11/2017.

Wardani, ketua Majelis Pelayanan Sosial Muhammadiyah Cabang Babat, mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal dan pemahaman pengamalan Islam sehari-hari khususnya perawatan janazah.

Halimi, pemateri dalam acara tersebut memberikan penjelasan secara rinci kaifiyah sesuai tuntunan Rasulullah, yaitu :

1. Sebelum memandikan jenazah, bila matanya terbuka harap dipejamkan,
2. Tangannya disedekapkan.

Sedangkan bahan yang perlu dipersiapkan untuk memandikan jenazah :

1. Kain kafan 3 lapis
2. Kapas
3. Kapur barus
4. Kayu cendana
5. Minyak wangi non alkohol
6. Menata tempat mandi
7. Kain basahan 2/ jarik
8. Handuk
9. Sabun
10. Sampo

Cara memandikan jenazah dimulai dari anggota badan yang terbiasa kena wuruk, memandikan mulai dari atas atau kepala, miring kanan dulu dan menutup aurat.

“Pelatihan ini bagus sekali dan perlu sinergi dengan majelis tabligh”, Kata Wardani.

Pelatihan yang diikuti utusan ranting secabang Babat ini perlu tersosialisasi dengan baik dan menjadi urgent terbentuknya team perawatan jenazah di tingkat ranting. (Rochiem/Su’ud)

Redaksi muhammadiyahlamongan.com menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *