Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

PASHMINA Dibuat Menuju Remaja Sehat Mencapai Generasi Hebat

pashminaMuhammadiyahLamongan.com – Pasca muktamar NA XIII di jogja pekan lalu, yg menghasilkan keputusan terpilihnya ayunda Diyah Puspitarini sebagai Ketua umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah periode 2016-2020, NA mempunyai gawe besar melalui program berbasis kesehatan dan konseling remaja. PASHMINA (Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah) merupakan salah satu solusi yang dapat menghambat diantaranya kasus kekerasan seksual pada perempuan dan anak.

Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Lamongan merupakan Pimpinan Daerah pertama se jawa timur mengadakan sosialisasi PASHMINA yang diadakan senin 5 september 2016 bertempat di Aula PDM Lamongan dan dihadiri oleh seluruh Pimpinan Cabang se kab.lamongan. menurut pemateri dr Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah,  ayunda Husnul Khotimah Husairi, diharapkan PD NA Lamongan dapat menjadi pelopor nasyiah di daerah lain untuk membentuk dan menjalankan PASHMINA setelah  3 daerah/wilayah yg membentuk PASHMINA yaitu DIY, Kebumen, dan Aceh. Karena berdasarkan riset langsung, ternyta di daerah lamongan sendiri tidak sedikit remaja-remaja yg sudah terjerumus ke dalam hal-hal negatif. Bahkan mereka tidak berasal dari keluarga yg putus sekolah dan tidak ada perhatian orang tua, tapi dari keluarga terpandang dan berpendidikan tinggi. Tidak mudah memang, mengajak minat terutama generasi muda seusia remaja untuk menghindari hal-hal yg mengakibatkan dapat membawanya dalam hal negatif. Untuk itu, dalam pelaksanaan program PASHMINA yg dicanangkan menjadi program nasional NA, ada 5 pos dalam rangkaian kegiatan. antara lain : edukasi,  kesehatan,  konseling reproduksi, konseling psikologi, dan pembagian makanan bergizi, yg semuanya disuguhkan secara gratis oleh Nasyiatul Aisyiyah.

Ayunda Husnul jg menyampaikan bahwa pelaksanaa Pos-pos rangkaian kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan cara sinergi dengan majelis dan lembaga di kepemimpinan  muhammadiyah setempat. Seperti LPB, Dikdasmen, MPKU, dan bidang lainya di muhammadiyah. Selain itu juga, perlu merangkul ortom untuk mensukseskan kegiatan ini.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, ketua PD NA Lamongan ayunda Yuli Widiyati juga memimpin pembacaan 10 Ikrar Komitmen Kader Nasyiah sesuai dengan rekomendasi muktamar pekan lalu di jogja.  yg isinya adalah :

  1. Senantiasa sholat fardhu tepat waktu & berjamaah
  2. Membaca Al quran dan Maknanya
  3. Beradab Islami dlm kehidupan
  4. Beramal Shaleh mulai dari diri sendiri
  5. Shodaqoh Waktu untuk Nasyiah minimal satu minggu satu kali
  6. Membaca satu hari satu tema
  7. Mengikuti kajian minimal satu minggu satu kali
  8. Berjiwa mandiri dan berfikir positif dalam segala hal
  9. Responsif terhadap permasalahan lingkungan  sekitar
  10. Mampu membagi waktu antara keluarga dan Nasyiah

Hasil dari sosialisasi ini, diharapkan segera terlaksananya program PASHMINA di lamongan yang akan diawali dengan pelatihan motivator dan fasilitator agar program dpt lebih mengena dan tepat pada sasaran. Disamping itu  Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah se kab. Lamongan diminta untuk melakukan sosialisasi lanjutan kepada pimpinan ranting Nasyiatul Aisyiyah se kab lamongan sehingga pelaksanaan program ini mendapat dukungan dari seluruh kader nasyiah secara nasional. (Yuli/Desi R.)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Mantapkan Ideologi Pemuda Muhammadiyah

Next Post

Kader HW Itu Telah Pergi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share