Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Semangat Al-Maun Sebagai Pijakan Relawan Muhammadiyah Lamongan

1 min read

semangat al-maun muhammadiyah lamongan

MuhammadiyahLamongan.com – Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan (LPB PDM Lamongan) atau yg dikenal akrab dengan MDMC Lamongan memiliki tekad besar dalam penyusunan Database Relawan Muhammadiyah Lamongan. Tekad itu semakin besar pasca antusias yang luar biasa ditunjukkan semua unsur Muhammadiyah di Lamongan saat Apel Kesiapsiagaan Relawan Muhammadiyah bulan lalu.

Ahad, 8 Maret 2020 bertempat di Ruang Rapat Gedung Dakwah Muhammadiyah Lamongan, LPB PDM Lamongan menyelenggarakan Silaturrahim Relawan Muhammadiyah bertujuan untuk mensolidkan kembali Relawan-relawan Muhammadiyah di Lamongan dengan memberikan informasi dan pengetahuan kebutuhan saat terjadi bencana.

Kegiatan yang dihadiri oleh 61 peserta dari beberapa unsur dan latar belakang ini dibuka oleh Ghufron, wakil sekretaris PDM Lamongan. Dalam sambutannya Ghufron mengingatkan bahwa didalam jiwa kita bersemayam keikhlasan Al-maun yang ditanamkan oleh KH. Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah, dan inilah yang harus menjadi pijakan kuat Relawan Muhammadiyah dalam menolong sesama.

Afan Alfian sekretaris LPB PDM Lamongan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Relawan Muhammadiyah di Lamongan sangat banyak, berkiprah di Ortom dan Lembaga masing-masing, dan LPB PDM Lamongan akan menjadi pusat manajerial dan komunikasi untuk menyatukan unsur-unsur tersebut.

Afan menambahkan, setelah pertemuan silaturrahim ini LPB PDM Lamongan akan melakukan Diklat-diklat berkala sesuai dengan bidang kerja atau cluster yang dibutuhkan oleh relawan. Diantaranya Diklat SAR, Medis, Psikososial, Dapur Umum, Mitigasi, Manajemen Posko dan lain-lain yg menjadi pilar penting dalam kedaruratan bencana. Dari kegiatan berkala tersebut harapannya Relawan Muhammadiyah Lamongan siap menjadi Penolong di manapun dan kapanpun dibutuhkan dengan kualitas yang mumpuni.

Hadir dalam pertemuan ini Rofi’i dan dr. Catur dari Majelis Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (MLHPB) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Rofi’i dalam diskusi berkali-kali menyampaikan bahwa Relawan Muhammadiyah di Jawa Timur banyak sekali yang berasal dari Lamongan. Hal tersebut menjadi sinyal kuat untuk LPB PDM Lamongan agar lebih serius menjadi koordinator relawan Muhammadiyah di Lamongan.

Mengakhiri diskusi, dr. Catur mengola antusias peserta silaturrahim dengan membagi kelompok-kelompok kecil dan bebera challage yang menghasilkan usulan rumusan program untuk LPB PDM Lamongan dalam menguatkan kebersamaan dan kinerja tim relawan. (wasis)

Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *