Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Siswa Kelas Enam MIM 16 Paciran Unjuk Kreativitas dalam Praktek Memasak

MuhammadiyahLamongan.com – Sebanyak 76 siswa dan siswi kelas enam MI Muhammadiyah 16 Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran unjuk kreativitas mereka dalam praktek memasak pada hari Kamis (16/5/2024). Acara ini berlangsung di MIM 16 Paciran mulai pukul 07.00 WIB hingga selesai, dan berlangsung dengan penuh semangat serta antusiasme tinggi dari para siswa, guru, dan wali murid.

Nurul Hikmah, S.Pd, wali kelas enam MIM 16 Paciran, menjelaskan bahwa 76 siswa tersebut dibagi menjadi tujuh kelompok. Setiap kelompok diharuskan memasak seblak sebagai menu wajib, selain itu mereka juga bebas untuk memasak berbagai menu masakan dan minuman lainnya sebagai pendukung, termasuk lauk pauk.

“Setelah hidangan selesai dimasak, mereka menatanya dengan sangat baik dan indah sesuai dengan kreativitas masing-masing kelompok. Penilaian hasil praktek siswa dilakukan oleh guru melalui teknik wawancara. Hal ini bertujuan untuk melatih siswa tidak hanya memiliki keterampilan memasak, tetapi juga mampu meningkatkan kemampuan literasi mereka dengan menceritakan proses memasak,” ujarnya.

Para siswa diminta untuk menjelaskan bahan-bahan yang digunakan, tahapan memasak, rasa masakan, hingga konsep penataan hidangan yang dapat memikat juri dan penonton lainnya. Kegiatan ini tidak hanya menumbuhkan keterampilan memasak, tetapi juga meningkatkan kemampuan komunikasi dan presentasi siswa.

Kepala MIM 16 Paciran, Ni’ayah, S.Ag, merasa bersyukur dan gembira menyaksikan semangat yang luar biasa dari para siswa dalam praktek memasak ini. Ia juga menyampaikan apresiasi atas antusiasme tinggi dari para guru dan wali murid yang turut hadir untuk menyaksikan kreativitas siswa.

“Tujuan dari praktek memasak ini adalah untuk mengembangkan keterampilan, kecakapan, dan kreativitas siswa dalam menyajikan makanan di meja hidang. Kegiatan ini juga menunjukkan kesuksesan dalam belajar kelompok, yang sangat penting dalam pendidikan karakter dan sosial siswa,” pungkasnya. (*)

Reporter Ma’in. Editor Fathan Faris Saputro.

2
Share this article
Shareable URL
Prev Post

PRA Cumpleng Gelar Pawai Taaruf Sambut Milad ‘Aisyiyah Ke-107

Next Post

Workshop Sistem Perkaderan ‘Aisyiyah Sukses Diselenggarakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share