Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Sukorame, “Tambang Emas” yang Belum Terkelola Maksimal

MuhammadiyahLamongan.com – Rombongan 3 mobil yang membawa 15 orang, tiba di rumah Bapak Tumbariyanto, ketua PCM Sukorame yang terpilih dalam musycab 3 bulan yang lalu. Acara di mulai di ruang tamu, suasana sederhana tapi tampak sahdu, ditambah lagi hujan baru reda mengguyur desa Sewor.

Rihlah dakwah ramadhan, yang berlangsung, Kamis, 1 Juni 2017, lebih istimewa dibanding dengan rihlah sebelumnya. Kali ini kekompakan terlihat dengan bergabungnya anggota Pimpinan Daerah Lamongan dan anggota Majelis Tabligh. Pilihan Sukorame sebagai cabang yang dipilih sebagai sasaran rihlah, memaknai bahwa Cabang ini membutuhkan empati besar, dukungan lebih dan motivasi yang tiada henti.

Rasanya belum cukup waktu 30 menit bagi ketua PCM ini untuk mengungkapkan segala suka dan duka mengarungi dakwah di cabang sukorame. Dalam kesempatan buka bersama tersebut, beliau menyampaikan bahwa Sukorame masih banyak membutuhkan banyak mujahid untuk menggelorakan dakwah. Saat ini SDM yang ada masih sangat minim, sehingga belum bisa menyentuh secara menyeluruh.

K.H. Abdul Hamid, mewakili tim rihlah menyampaikan apresiasi yang besar kepada PCM Sukorame yang teleh meniti jalan dakwah di medan yang sangat terjal. “Semakin besar tantangan yang dihadapi, maka peluang pahala dari Allah juga sangat besar, bersabarlah dan tetaplah istiqomah”, pesan beliau di hadapan para personal pimpinan cabang.

Setelah sesi buka puasa, acara dilanjutkan dengan sholat berjamaah maghrib di masjid Nurul Islam yang berlokasi di Ranting Sewor, 200 meter dari rumah ketua PCM ini.

Tamam Khoirudin koordinator Rihlah membagi tim menjadi 5 kelompok yang akan menyebar di 5 ranting, yaitu : PRM Sambiroto di masjid Ishom Muhammad Athi’ah dipercayakan kepada Ustadz Farhan, Suudi Mukran dan Afandi, PRM Mragel di Masjid Darrun Najah diberikan kepada ustadz Ghufron, Mashudan dan Sanusi, PRM Sukorame di Masjid Al-Mujahidin diamanahkan kepada H. Subagio, K. Khozin dan Suwito, PRM Sewor di Masjid Nurul Islam dipegang oleh KH. Abdul Khamid, Yusuf Abidin dan Mohamad Suud, sedangkan PRM Sembung di musholla Nurus Salam diserahkan kepada Ustadz Masroin, Tamam Khoirudin dan Kuspan.

Dari data yang disampaikan oleh pimpinan cabang, kecamatan Sukorame memiliki 9 desa, sudah terbentuk 5 ranting dari 4 desa. Berarti masih ada 5 desa lagi yang belum terbentuk ranting. Butuh stamina prima dan tentu istiqomah untuk bisa “membobol” 5 desa tersebut, agar tertancap bendera Muhammadiyah. Sebuah harapan yang terus berpadu dengan ikhtiar yang kuat.

Walaupun mempunyai 5 ranting tapi belum memiliki pendidikan formal, baik tingkat TK maupun dasar. Yang membanggakan 5 ranting tersebut sudah berdiri TPQ, sebagai lahan kaderisasi. Pengajian rutin di ranting sudah berjalan, termasuk di ranting Sewor penulis sudah pernah mengisi 3 kali.

Dari 5 benteng dakwah yang ada 4 masjid dikelola murni oleh jamaah Muhammadiyah sedangkan yang 1 musholla jamaahnya masih campuran, hal ini dibuktikan dengan adanya puji pujian setelah adzan.

Ketua Majelis Tabligh, Masroin Assafani, menganggap bahwa medan di Sukorame termasuk unik tapi menarik. Beliau memberikan solusi ke depannya, diantaranya : perlu diturunkan da’i muda tiap tahun, perlu dikirim da’i PUTM, mempertajam peran dan tugas PCM-PDM dalam berkoordinasi dengan Pimpinan Pusat dan kampus Muhammadiyah. Resep selanjutnya, menurut beliau perlu adanya pembinaan organisasi secara rutin dan mengaktifan pengajian pimpinan. Langkah terakhir adalah pendirian AUM, sekurang-kurangnya PAUD-TK ABA.

Menurut Tamam Khoiruddin, koordinator Rihlah dari Majelis Tabligh, PCM Sukorame dipandang perlu untuk melakukan langkah langkah yang memperkuat dakwah, misalnya upgrading pimpinan PCM, PRM dan ortom, pembenahan administrasi kantor dan atribusisasi Muhammadiyah. Anggota PCM Babat ini juga menambahkan agar PCM senantiasa mampu menggerakkan dan menggembirakan jamaah muhammadiyah melalui kegiatan yang kreatif. (Moh. Suud)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Ajang Mengasah Kemampuan

Next Post

Muspika Gelar Safari Ramadhan di Ranting Muhammadiyah Pajangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share