Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Tim Pengmas Risetmu Dosen S1 Farmasi UMLA Edukasi Kelola Obat dan Seruan Hidup Sehat

MuhammadiyahLamongan.com – Kegiatan PKM dilaksanakan pada 26 April 2024 dengan peserta Kader ‘Aisyiyah Jetis Lamongan tersebut mengusung tema “Peningkatan kompetensi kader ‘Aisyiyah melalui program gerakan ‘Aisyiyah menuju usia lanjut” . Kegiatan PKM ini merupakan realisasi Hibah Riset Muhammadiyah Batch VII Skema Pengabdian Masyarakat di Lingkungan Persyarikatan yang dilakukan oleh tim PKM dari prodi S1 Farmasi Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Tim PKM terdiri dari 2 dosen dan 4 mahasiswa. Sebagai ketua tim apt. Primanitha Ria Utami, M. Farm, Anggota tim PKM terdiri dari dosen apt. Devi Ristian Octavia, M.Si dan 4 orang mahasiswa prodi S1 Farmasi Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Kegiatan ini diawali dengan persiapan program PKM yang didalamnya berupa pengurusan perizinan dan koordinasi kegiatan PKM dengan Ketua Ranting Aisyiyah Jetis Lamongan.Adapun rangkaian pelaksanaan program PKM diawali dengan pengecheckan gula darah dan asam urat sebagai skrining awal kondisi kesehatan Kader ‘Aisyiyah Jetis Lamongan.

Menurut apt. Primanitha Ria Utami M. Farm selaku Ketua Tim PKM menyampaikan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi mitra khususnya dalam bidang kesehatan untuk mempersiapkan menuju usia lanjut melalui program gerakan sehat ‘Aisyiyah. “Terpilihnya sasaran mitra kami berdasarkan analisis situasi masalah kesehatan yang kerap muncul di masyarakat Jetis adalah problematika kesehatan persiapan menjelang usia lanjut (termasuk keluhan nyeri otot dan nyeri sendi, persepsi pola hidup sehat tanpa bergantung dengan penggunaan obat berkelanjutan, persepsi efek penggunaan obat jangka panjang)”.

Kegiatan PKM memberikan kesan sendiri bagi Kader, dikarenakan rangkaian acara dan media kesehatan yang disusun oleh Tim PKM insyaallah memberikan kebermanfaatan sebagai alarm awal menuju hidup sehat. Edukasi kesehatan disertai dengan pemberian media kesehatan berupa brosur berisi kepatuhan konsumsi obat hipertensi dan manajemen pola hidup sehat. Selain itu juga ada media flipbook yang dapat diakses melalui link khusus yang disiapkan oleh Tim PKM.

Media flipbook tersebut berisi permasalahan dan solusi dalam mengatasi keluhan pada Pra Lansia dan Lansia, serta Manajemen Pengelolaan obat yang tepat. Tidak hanya itu, Tim dosen apt.Primanitha dan apt.Devi Ristian juga mempraktekkan dan mensimulasikan bagaimana mengatur penyimpanan obat yang lebih praktis menggunakan pillbox. Pillbox tersebut juga telah dibagikan pada Kader ‘Aisyiyah sehingga para Kader lebih mudah memahami bagaimana kelola obat yang tepat.

Primanitha menambahkan bahwa semua kader sangat antusias mengikuti kegiatan edukasi dan aktif pada saat melakukan diskusi selama kegiatan berlangsung, hal ini dibuktikan pada sesi diskusi tanya jawab, beberapa kader mengajukan pertanyaan untuk lebih mengetahui apakah obat yang dimiliki di rumah telah tepat penggunaan dan penyimpannya, bagaimana mengetahui dampak hidup sehat yang masih belum dikontrol, bagaimana upaya selanjutnya ketika hasil pengechekan kesehatan menunjukkan teknanan darah,gula darah,asam urat di atas rentang normal.

Keaktifan kader dalam kegiatan kemasyarakatan merupakan upaya untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang dirasakan masyarakat dan pengabdian terhadap tugasnya sebagai kader. Kemampuan kader untuk menggerakkan masyarakat akan sangat memiliki pengaruh besar untuk mengajak ibu ibu khususnya di usia lanjut di wilayah Jetis yang belum bergabung dalam rangkaian kegiatan ranting ‘Aisyiyah agar turut berpartisipasi aktif pada kegiatan pencapaian kualitas kesehatan usia lanjut yang lebih baik. (*)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Petualangan Fauna MIM 16 Paciran di Mazola, Begini Keseruannya

Next Post

Pojok Literasi LBSO PDA Lamongan Diluncurkan, Menyemai Budaya Membaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share