Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

banjir-bima

10 Hari Pasca Banjir BIMA, Ini Yang Sudah Dilakukan RSML Sebagai Rumah Sakit Siaga Bencana

banjir-bimaMuhammadiyahLamongan.com – RSML sebagai salah satu rumah sakit percontohan RS siaga bencana, saat ini telah mengirimkan 1 orang dokter dan 1 perawat dan 1 tenaga IPS untuk membantu proses pemulihan pasca bencana banjir bandang di Bima NTB.

Seperti kita tahu, masyarakat di bima saat ini cukup menderita akibat banjir bandang yg terjadi 2 kali dalam 3 hari, ketika warga belum sekesai bersih bersih rumah dan perabotan setelah banjir bandnag pertama tgl 21, tgl 23 desember saat masuk waktu sholat jumat, warga kota bima dikejutkan lagi dengan banjir bandang kedua yg lebih tinggi dari banjir pertama.

Akibat banjir bandang 2 kalj ini mengakibatkan banyak rumah rusak dan hanyut serta  fasilitas kesehatan termasuk RS PKu Muhamamdiyah Bima lumpuh total,  wadir non medis PKU Bima menyampaikan,” saat banjir kedua, ketinggian air di rumah sakit  setinggi leher orang dewasa,sehingga membuat banyak sarana dan prasarana kita yg rusak dan hayut. Bebrapa alat baru yg kami beli miliaran rupiah saat ini rusaka dan ada yg hilang”.

“Adanya hasil assestmen awal dari Tim tanggap darurat  MDMC jawatimur yang salah satunya adalah Sunardi, Skep.NS yg merupakan perawat RSML, membuat RSML mengambil langkah cepat dengan berkoordinasi dg MpKU PWM Jatim dan LPb PP. Dari hasil koordinasi diputuskan untuk tahap awal RSML mengirimkan 1 tenaga dokter dan 1 tenaga IPS menyusul 1 tenaga perawat yg tergabung dalam tim TD MDMC..” tutur umi aliyah direktur RSML.

Di tempat terpisah, melalui WA dr. Dluha menjelaskan,” tim dari RSML disini ada Masnardi yang tergabung dalam MDMC wilayah sudah disini sejak tgl 24, kemudian saya tanggal 28 dan Isro dari IPs tanggal 30 desember. Untuk dokter kami membantu pelayanan di IGD karena beberapa dokter PKU Bima rumahnya terdampak, selain membantu pelayanan di IGD, setiap hari kami menjalankan mobile klinik untuk pengobatan korban banjir ke pemukiman yang belum terjangkau bantuan pemerintah kota.”

Sedangkan untuk tenaga IPs duha menambahkan,” untuk Isro bersama tenaga IPs dari RSI Aisyiyah Malang  alhamdulillah sudah selesai memperbaiki genset 180 kva yg sempat terendam banjir, beberapa genset kecil, mesin pompa air, sound system dan masih banyak lagi.

Selain menerjunkan tim langsung ke Bima RSML juga memberikan bantuan paket obat obatan diluar obat 5 kardus yang sudah dibawa oleh dr. Duha. Obat yang akan  dikirimkan RSML diharapakam bisa membantu PKU Bima dalam memberikan pelayanan selama masa pemulihan bencana ini. (Duha)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Hizbul Wathan Merayakan Tahun Baru Yang Tidak Lazim

Next Post

Agus Taufiqurrahman : Bermuhammadiyah Itu Harus Saling Menguatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share