Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Edukasi PPGD Warnai Tadabur Alam Jampala HW Lamongan

MuhammadiyahLamongan.com – Kegiatan Jambore Prestasi Penghela (Jampala) yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Hizbul Wathan (HW) Lamongan berlangsung dengan penuh keceriaan dan antusiasme. Acara yang digelar di Lapangan Tegal Raya Desa Patihan ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari hari Selasa hingga Kamis, (21-23/5/2024).

Jampala ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik, salah satunya adalah tadabur alam yang digelar di beberapa pos, termasuk Pos 5 yang memberikan materi Pendidikan dan Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Abdul Nafik Mahmud, salah satu panitia di Pos 5, menjelaskan bahwa di pos ini, peserta diberikan edukasi mengenai dasar-dasar pertolongan pertama hingga teknik evakuasi.

“Di pos ini kami mengedukasi peserta untuk bisa melakukan pertolongan pertama. Dimulai dari prinsip pertolongan pertama sampai pada teknik evakuasi,” ujarnya. “Materi yang kami sampaikan lebih banyak tentang potensi kejadian yang bisa terjadi saat perkemahan, salah satunya adalah pingsan, yang sering terjadi saat upacara pembukaan maupun penutupan. Jadi, materi ini sangat penting untuk dimiliki peserta, sehingga mereka dapat menangani dan mengevakuasi dengan baik dan benar,” paparnya.

Dengan adanya pos PPGD atau P2HW (Pertolongan Pertama Hizbul Wathan), diharapkan anak-anak mampu menjadi penolong di manapun dan kapanpun sesuai dengan undang-undang HW, “siap menolong dan wajib berjasa,” tidak hanya saat perkemahan namun juga dalam keadaan lainnya. (*)

Reporter Fathan Faris Saputro

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Kultum Penuh Inspirasi Warnai Jampala HW Lamongan

Next Post

Wejangan Gubernur FEB UMLA di Makrab Himaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share