Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

IPM Dihimbau Manfaatkan Seni Dalam Berdakwah

IMG-20160621-WA0004muhammadiyahlamongan.com-”Islam tidak membatasi umatnya dalam berkreasi, seni dan musik dapat juga menjadi media dakwah kerakyatan yang baik,” tutur Luqman Hakim, Majelis  Hukum dan HAM Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Solokuro saat memberi materi dalam acara Pengajian Rutin Bulanan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Palirangan, desa Palirangan kecamatan Solokuro kabupaten Lamongan.

Luqman Hakim juga menegaskan seni musik dan nyanyian menjadi salah satu cabang seni dalam Islam yang seringkali menjadikannya topik perbincangan atau pembahasan umat Islam.

“Seni pada hakikatnya adalah wilayah naluri setiap manusia dengan batasan tertentu, jadi sangat wajar kalau umat Islam terutama pelajar harus mulai mengenalkan seni dengan niat dakwah Islam yang baik,”tegasnya

Dalam kajian yang mengambil tema ‘Seni dalam perspektif Islam’ ini, Lukman Hakim juga menyampaikan kalau mau jadi mutiara, seseorang harus menjadi pelaku seni yang baik.

“Saya menghimbau agar IPM mengambil peran penting dalam bidang seni, karena obyek dakwahnya hampir semuanya pelajar yang menyukai seni, terutama nyanyian, ini bisa jadi menjadi media alternatif untuk berdakwah,”tuturnya.

Tema ini dianggap sangat diperlukan karena muncul berbagai pertanyaan terkait kesenian dikalangan kader muda Solokuro. “Kader-kader IPM Palirangan ini banyak yang mengeluh terkait seni. Terkadang saat menampilkan seni yang menurutnya baik tetapi mendapat teguran dari masyarakat sekitar. Sehingga pengajian dengan materi ini kami angkat untuk memberikan bekal kepada kader-kader IPM Palirangan,” ujar Lutfiyan Haqiqi,  ketua panitia.

Lebih lanjut Lutfiyan Haqiqi mengatakan pada Ramadhan kali ini kami juga rutin mengadakan tadarus dan latihan dakwah keliking ke rumah-rumah kader, guna menunjukan intensitas dakwah IPM kepada orang tua kader dan masyarakat sekitar bahwa IPM adalah rumah belajar yang tepat.

Pengajian di bulan ramadhan ini dilaksanakan di Perguruan Muhammadiyah Palirangan dan diselenggarakan 2 kali, kajian terakhir dilakukan pada 30 Juni mendatang. Pada pengajian kali ini peserta yang hadir sekitar 50 orang dan mendapatkan sambutan yang baik dari seluruh kader. (irvan)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Strategi Dakwah IPM Harus Mampu Menjangkau Semua Pihak

Next Post

Menggugah Generasi Cinta Al Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share