Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Karya Tulis Ilmiah Salah Satu Syarat Kelulusan MAM 9 Ponpes Al Mizan

1 min read

muhammadiyahlamongan- Siswa dan siswi kelas 12 MA Muhammadiyah 9 Lamongan PA & PP Almizan Muhammadiyah Lamongan) harus mengikuti  Program Tahunan  Karya Tulis Ilmiah atau paper. Karya Tulis Ilmiah tersebut merupakan salah satu  syarat kelulusan.

Paper tersebut  dilaksanakan setiap akhir semester genap waktu kelas XI, tetapi pada tahun ini adanya wabah Covid yang tak lekas pergi, maka Sidang pembuatan paper tersebut diundur sampai kelas XII di semester genap.

Seperti pada Bulan Desember ini, MAM 9 Lamongan  mengadakan  acara sidang paper untuk mengetahui hasil karya tulis dari peserta didik yang berada dibangku kelas XII saat ini. Tahun ini jumlah pesertanya laki-laki sebanyak 43 siswa dan perempuan sebanyak 50 siswi.

Sidang paper untuk tahun ini bertempat di lokasi PonPes Almizan. Sidang paper untuk siswa putri  pada hari Kamis (10/12/2020) sedangkan siswa putra pada Sabtu (12/12/2020).

Program Karya Tulis Ilmiah ini sebagai wujud kesungguhan Madrasah dalam melatih Menulis dan menanamkan pendidikan literasi kepada anak didik. Terlebih bagi anak-anak yang akan menempuh pendidikan di jenjang selanjutnya, di jenjang  Perguruan Tinggi.

PLT Kepala Madrasah MAM 9 Lamongan, Zusi Purwanti mengatakan penyusunan karya tulis tahun ini sangat istimewa karena telah disusun dalam proses yang panjang mulai pengajuan judul, konsultasi, hingga  ujian.

“Hal tersebut dilakukan sejak kelas XI semester genap tetapi pandemi Covid 19 memberikan waktu yang longgar sehingga baru di kelas XII ini, mereka merampungkan dan Alhamdulillah selesai dan telah diuji di depan dewan penguji tanggal 10 dan 12 Desember 2020″” kata Zusi Purwanti.

Menurutnya ada hikmah tersendiri, meskipun di tengah wabah Covid 19 bukan berarti tidak berkarya dan tidak berprestasi, justru itu sebagai tantangan dalam berproses.

“Jatuh bangun, susah payah dijalani, karena memang berproses membutuhkan kesabaran, ketekunan dan keyakinan akan membuahkan hasil. Semoga Allah SWT meridhoi setiap langkah kita. Aamiin” ungkapanya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia, Anton Wahyudi yang menyebutkan sidang Karya Tulis Ilmiah kelas XII MAM 9 Lamongan sudah terlaksana dengan baik dan lancar selama dua hari.

“Program Karya Tulis Ilmiah adalah kegiatan tahunan MAM 9 Lamongan  sebagai wujud kesungguhan madrasah dalam menanamkan pendidikan literasi kepada kepada anak didik yang insyaallah akan banyak memberikan manfaat untuk masa depan mereka. Terlebih bagi anak-anak yang akan menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi” paparnya.

Salah satu peserta ujian paper, Zaki Herli Mahendra mengaku sidang Karya Tulis Ilmiah (paper) sebagai syarat kelulusan dapat dilaksanakan dengan lancar meskipun sebelumnya banyak kegiatan.

“Tetapi tidak menjadi alasan saya untuk mundur, saya tetap melaksanakan sidangnya meskipun agak gerogi dan capek” ungkap Zaki Herli Mahendra yang juga   berpesan untuk pembimbing agar lebih memberikan motivasi, wawasan, dan kontribusi kepada  siswa dan siswi MAM 9 Lamongan agar  siswa dan siswi lebih serius dan totalitas dalam pengerjaan paper-nya. ( Alfain Jalaluddin Ramadlan)

Redaksi MuhammadiyahLamongan.com hadir di tengah derasnya arus informasi dari media pemberitaan online. Dan menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *