Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

MI Muhammadiyah 16 Paciran Gelar Pembelajaran Manasik Haji

MuhammadiyahLamongan.com – MI Muhammadiyah 16 Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran menggelar kegiatan pembelajaran manasik haji yang diadakan pada Ahad (9/6/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Masjid Jami Fahad Turki At Turki mulai pukul 07.00 WIB dan dipandu oleh Ustad Hafidl, S.Ag., M.Pd.I.

Kegiatan manasik haji tersebut diikuti oleh 345 siswa dan siswi serta didampingi oleh 38 guru dari MIM 16 Paciran. Sebagai kegiatan rutin tahunan, pembelajaran manasik haji bertujuan untuk mengaktualisasikan pembelajaran praktik ibadah, khususnya ibadah haji. Melalui kegiatan ini, para siswa diperkenalkan secara dini dengan berbagai rangkaian kegiatan dalam ibadah haji, termasuk syarat, rukun, dan tata cara pelaksanaannya.

Dalam sambutannya, Kepala MI Muhammadiyah 16 Paciran, Ni’ayah, S.Ag., menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada seluruh warga besar MIM 16 Paciran atas partisipasi aktif mereka dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Kegiatan manasik haji ini sangat penting sebagai upaya untuk memberikan pemahaman praktis kepada siswa mengenai pelaksanaan ibadah haji. Saya berharap agar para siswa dapat serius dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan ini, mulai dari perjalanan dari Arafah ke Muzdalifah untuk mengambil kerikil, dilanjutkan ke Mina untuk mabit, melempar jumrah di Jamarat, hingga thawaf di Kakbah, sa’i antara Shafa dan Marwah, tahallul, dan thawaf wada,” ujarnya dalam sambutannya.

Lebih lanjut, ia menyatakan harapannya agar penjelasan teori dan praktik pelaksanaan ibadah haji yang diberikan dalam kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada para siswa dan siswi. Ia juga berharap agar pengalaman ini akan membekas sepanjang masa dan menanamkan pemahaman yang kuat tentang ibadah haji.

Di akhir sambutannya, dengan penuh harap dan doa, ia memohon kepada Allah agar seluruh warga MIM 16 Paciran diberikan kemudahan dan pertolongan oleh Allah untuk dapat melaksanakan ibadah haji maupun umrah di masa mendatang.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme dari para siswa dan siswi yang terlibat. Pembelajaran manasik haji di MIM 16 Paciran menjadi salah satu bentuk pendidikan agama yang tidak hanya memberikan teori tetapi juga pengalaman praktis yang berharga bagi para siswa dalam memahami salah satu rukun Islam yang penting. (*)

Reporter Ma’in. Editor Fathan Faris Saputro.

3
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Mahasiswa AMM Mengajak Bangun dan Memberi Peringatan

Next Post

Festival Kreativitas Islami: TPA Al-Falah Muhammadiyah Singgang Merayakan Tahun Baru Islam 1446 H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share