MuhammadiyahLamongan.com – Owner Lentera Hati Islamic Boarding School Mataram, Muazar Habibi mengungkapkan cara mendidik anak yang berkualitas agar menjadi seorang guru yang inspiratif itu perlu melakukan sebuah langkah- langkah.

Azar mengatakan guru harus memiliki materi yang lebih kaya dan bermakna, bukan hanya sekedar menyampaikan materi dengan definisinya saja. Hal ini dibutuhkan komunikasi yang ampuh dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, guru harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi tapi bukan takabur, ujarnya saat memaparkan materi psikologi perkembangan anak dengan tema komunikasi pendidikan keluarga dalam menciptakan generasi Z yaitu generasi yang berkualitas, generasi jaman now.

Baca Juga  Jelang Launching Klinik Pratama, Aisyiyah Brondong Gelar Baksos Peduli Kesehatan Warga

Di depan sebanyak 170 Kepala TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Se Kabupaten Lamongan dalam kegiatan Darul Arqom tersebut yang digelar oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Lamongan, kemarin (10/2) berlangsung di Villa CMA Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Seorang pendidik harus piawai melukis gambar yang indah. Dosen FKIP Universitas Mataram ini menjelaskan melalui lukisan tersebut dapat menarik perhatian anak dan menumbuhkan kreatifitas siswa yang penting juga selalu up date terus pengetahuan kita.

Dia menambahkan, buat sesederhana mungkin cara menyampaikan materi dalam mengajar anak.

Menurutnya, karakter generasi Z sangat potensial menjadi agen perubahan sebab itu diperlukan campur tangan pihak orang tua sebagai teman pertama bagi sang anak. Dengan adanya perkembangan teknologi yang dapat berdampak pada perubahan gaya hidup dari masa anak-anak mengijak remaja diperlukan kewaspadaan dari para orang tua.

Baca Juga  Wujudkan Kader 'Aisyiyah Berkemajuan Melalui Baitul Arqam

Pendidik wajib memiliki pemikiran yang selalu punya orientasi kedepan. Bentuk pemikiran yang selalu punya target oriented harus diimbangi dengan benteng agama yang kuat, kata Azar.

Di atas semua itu pendidikan karakter menjadi Pilar bagi anak didik sehingga akan tercipta gold generation, sehingga kedepan sangat penting untuk ditanamkan nilai-nilai karakter melalui pembiasaan sejak usia dini dengan ilmu agama yang kuat, pungkasnya. (Uswatun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here