Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

PCA Turi Sukseskan Green Idul Adha dengan Wadah Ramah Lingkungan

MuhammadiyahLamongan.com – Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Turi berhasil menggelar salah satu agenda Green Idul Adha dengan menggunakan daun jati, daun pisang, dan keranjang bambu sebagai wadah daging kurban. Penyembelihan hewan kurban oleh panitia “Kurban Berkah” dilaksanakan pada Rabu (19/6/2024) di halaman gedung PAUD ‘Aisyiyah Turi.

Dalam acara tersebut, disembelih 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Kegiatan ini melibatkan seluruh organisasi otonom (ortom) di Turi, termasuk ‘Aisyiyah, Nasyiah, Pemuda Muhammadiyah, Amal Usaha Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Turi (SD Musari), dan Amal Usaha ‘Aisyiyah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ‘Aisyiyah Turi. Acara ini dipimpin oleh Pimpinan Cabang Nasyiatul ‘Aisyiyah (PCNA) Turi.

Ada kejadian menarik pada malam sebelum penyembelihan, saat hewan kurban tiba di lokasi, seekor sapi terlepas dan menghebohkan warga sekitar yang bergotong-royong untuk menangkapnya. Alhamdulillah, sejam kemudian sapi berhasil diamankan setelah tercebur ke tambak dekat sekolah. Ternyata sapi tersebut bukan milik Turi, melainkan pesanan daerah lain yang kebetulan dikirim bersamaan.

Setelah penyembelihan, sebanyak 250 paket daging kurban didistribusikan kepada 106 murid PAUD dan SD, 78 pengurus ortom cabang dan ranting, serta 66 paket untuk warga sekitar dan simpatisan. Ketua PCA Isnawati, S.Ag., menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi panitia yang telah melaksanakan Green Idul Kurban sesuai instruksi daerah. Seruan Green Idul Kurban dari Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (LLHPB PDA) Lamongan ini diimplementasikan oleh PCA Turi sebagai upaya pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. (*) 

Reporter Isro’im Maghfiroh. Editor Fathan Faris Saputro.

1
Share this article
Shareable URL
Prev Post

‘Aisyiyah Lamongan Gelar Baksos dalam Rangka Milad ke-107

Next Post

Purna Siswa Kelas 6 MIM 09 Labuhan Tahun Pelajaran 2023/2024

Read next
0
Share