Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Pondok Ramadan MIM 09 Labuhan: Pemantapan Ilmu Agama dan Pembiasaan Ibadah

MuhammadiyahLamongan.com – MI Muhammadiyah 09 Labuhan menyelenggarakan Pondok Ramadan untuk tahun pelajaran 2023/2024. Acara yang digelar selama tiga hari, mulai dari tanggal 31 Maret hingga 2 April 2024, di ruang kelas MIM 09 Labuhan ini diikuti oleh seluruh siswa dan siswi sebanyak 173 orang.

Kepala MIM 09 Labuhan, Hadi Mulyono, S.Pd.I, MA, dalam keterangannya menjelaskan bahwa kegiatan Pondok Ramadan tahun ini berfokus pada pemantapan materi pelajaran agama serta pembiasaan tadarus bersama dan shalat dhuha. “Pondok Ramadan menjadi momentum penting bagi peningkatan keilmuan agama para siswa dan perbaikan bacaan Al-Qur’an serta pemantapan shalat dhuha,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga memuat berbagai materi penting terkait ibadah Ramadan, seperti puasa, rukun dan syarat puasa, tata cara puasa Ramadan, amalan sunnah pada bulan Ramadan, malam Lailatul Qadr, bimbingan zakat fitri, hikmah zakat fitri, shalat Idul Fitri, tata cara shalat Idul Fitri, sunnah-sunnah hari raya Idul Fitri, dan praktik alunan takbir.

Agar penyampaian materi lebih efektif, para siswa peserta Pondok Ramadan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok kelas kecil terdiri dari kelas 1-3 dan kelompok kelas besar terdiri dari kelas 4-6. Selama tiga hari kegiatan, Pondok Ramadan berlangsung dari jam 08.00 hingga 10.30 setiap harinya. Pada hari terakhir, dilakukan kegiatan berbuka puasa bersama antara guru dan siswa.

Para peserta Pondok Ramadan diharapkan dapat mengambil manfaat yang maksimal dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap ajaran agama Islam serta meningkatkan kualitas ibadah mereka selama bulan suci Ramadan. (*) 

Reporter Ma’in. Editor Fathan Faris Saputro.

1
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Musholla Al Maqbul Dadapan Meriahkan Peringatan Nuzulul Qur’an

Next Post

Immawati Berperan di Bulan Ramadan, Bukan Baperan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share