Redaksi muhammadiyahlamongan.com menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Profil Ranting Mandiri

1 min read

ranting-sendangharjo-2MuhammadiyahLamongan.com – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Sendangharjo sepantasnya mendapatkan apresiasi. Prestasi yang ditorehkan oleh desa Sendangharjo sebagai salah-satu ranting Muhammadiyah cabang Brondong sangat luar biasa. Gerakan dakwah yang diterapkan oleh PRM Sendangharjo dilakukan secara bersama-sama dan saling bahu-membahu membangun ranting Sendangharjo dalam jangka waktu yang tidak sebentar mulai menampakkan hasilnya.

Pendidikan rendah tidak mengecilkan niatan kader Muhammadiyah Sendangharjo untuk terus berdakwah, sumber daya manusia yang dimiliki oleh PRM Sendangharjo rata-rata hanya lulusan SLTA. Selain itu pembangunan bidang ekonomi untuk keperluan dakwah tidak mengandalkan donatur, PRM Sendangharjo mengoptimalkan peran dari anggotanya yang 90% lebih bergerak dibidang pertanian.

Keberhasilan yang diberikan PRM Sendangharjo tidak didapatkan dengan mudah, demi mensukseskan misi dakwahnya membuat beberapa kebijakan untuk menyikapi beberapa hal yang terjadi, diantaranya adalah :

  1. Apabila kas di PRM berjumlah 30 sampai 50 juta maka pembangunan fisik sementara dihentikan dan  dana tersebut disediakan untuk non fisik
  2. Memiliki Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) ekonomi berupa koperasi (toko) yang omsetnya setiap hari mencapai 7-8 juta, punya koin patungan hullar/selep padi tiap bulan dapat bagian 7-8 ratus ribu, Ibu Aisyiyah punya Kopwan yg asetnya sekitar 160-an juta
  3. Telah memiliki bagian sosial yang mengelola zakat (mal dan fitrah) dan Qurban bagian ini ditugasi membantu beras bagi jama’ah yang lemah, gratiskan keluarga jenazah yang tidak mampu, membayar SPP siswa yang kurang mampu.
  4. Pada bulan oktober 2015 membeli mobil operasional pimpinan dan Februari 2016 membelikan mobil untuk operasional anak sekolah .
  5. Mengangkat modin kematian sendiri dengan seijin desa agar tidak lagi perdebatan tata cara merawat jenazah
    inilah barangkali hal-hal praktis dilapangan yang perlu diusahakan bagi Ranting Ranting Muhammadiyah fastabiqul khoiroot

Berikut ini merupakan profil lengkap dari PRM Sendangharjo Brondong :
Pengasuh/Penasehat

  1. H. Hamdan Luthfi
  2. Mat Iskan

Pimpinan PRM
Ketua : H. Kasmono ( SD ’74)
Wakil Ketua Bidang Pembangunan : Edy Mulyono SLTA
Wakil Ketua Bidang Tabligh : Mukasum MAM
Wakil Ketua Bidang Ekonomi : Muhadi SD ,’74
Wakil Ketua Bidang Pendidikan : Rohimin SMP
Wakil Ketua Bidang Sosial : Moh. Mukti SMP
Wakil Ketua Bidang Kader : Akrom SMP
Sekretaris : Abd Hasan, S. Pd
Bendahara : Suyoto SMA
Amal Usaha Muhammadiyah (AUM)

  1. Dua (2) Masjid
  2. MIM 7 Sendangharjo
  3. Empat (4) Musholla/TPA
  4. 1 Unit Koperasi/Toko Al Azhar
  5. Patungan hullar/selep padi (1/6 bagian)
  6. Lembaga sosial membantu jama’ah kurang mampu berupa beras setiap bulan
  7. Membantu biaya pendidikan siswa kurang mampu
  8. Gratiskan keluarga jenazah yang tidak mampu
  9. Mengangkat modin kusus kematian untuk jama’ah Muhammadiyah
  10. Membeli mobil operasional pimpinan
  11. Membeli mobil antar dan jemput anak sekolah

Profil ini ditulis oleh Mad Iskan (Ketua PCM Brondong)

ranting-sendangharjoranting-sendangharjo-1

Redaksi muhammadiyahlamongan.com menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *