Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Seminar Nasional Ekoliterasi Meriahkan Konpida IPM Lamongan

 

Mu

hammadiyahlamongan.com– Konferensi Pimpinan Daerah (KONPIDA)  Tahun 2018  yang digelar Ikatan Pelajar Muhammadiayh (IPM) Kabupaten  Lamongan  juga dilengkapi dengan   Seminar Nasional Ekoliterasi.

Seminar yang diselengarakan Bidang PIP PD. IPM Lamongan tersebut dihadiri 100 peserta, bahkan ada 6 peserta seminar yang berasal dari Madura berjalan dengan semarak. Waktu yang disediakan dalam acara belum bisa memuaskan seluruh peserta untuk berdiskusi dalam kesempatan tersebut.

Ekoliterasi sendiri merupakan istilah yang dipopulerkan oleh filsuf Fritjrof Capra dalam bukunya the web of life (2001). Ekoliterasi merupakan penggabungan dari Ekologi dan Literasi atau bisa disebut melek terhadap lingkungan. Masalah mengenai konservasi Ekologi ini sendiri juga merupakan hasil dari Muktamar XX IPM di Samarinda.

“Pelajar Muhammadiyah dalam memaknai literasi jangan lagi sekedar hanya dalam membaca dan menulis saja, tapi apa yang akan dilakukan setelah itu” kata salah satu pemateri seminar, David Efendi di hadapan peserta.

Menurut  pemateri dari MPI PP Muhammadiyah & Ketua Serikat Taman Pustaka tersebut dalam kesadaran terhadap lingkungan harus dilandasi dulu dengan pemahaman literasi mengenai Ekologi.

“Bahan bacaan mengenai Ekologi harus diperbanyak” ungkapnya.

Di sisi lain, Fathurahim Syuhadi M.Pd, Katua Majelis Pendidikan Kader PDM Lamongan, IPM Lamongan  saat ini penuh inovasi, diantaranya  dengan menggelar  Seminar Nasional Ekoliterasi maka hal ini harus terus dikembangkan.

“Pemikiran-pemikiran yang ditelurkan melampaui zaman. Salah satunya ya ini mengenai Ekoliterasi, saat ortom yang lain masih berkutat membahas paslon A paslon B, tapi PD. IPM Lamongan ini sudah membahas yang lain. Semoga ini menjadi inspirasi yang lain ” pungkas Fathurahim Syuhadi, M.Pd .(Nasiruddin Wafiq PD. IPM LAMONGAN)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Din Syamsudin: Jangan Salah Faham dengan Muhammadiyah

Next Post

Gerakan Sadar Ekologi Dan Literasi, IPM  Aksi Tanam 1000 Pohon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share