Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Siswa-Siswi SDN Kedungasri Diberi Pelatihan Ecoprint untuk Mengelola Limbah Menjadi Produk Bernilai

MuhammmadiyahLamongan.com – Kelompok 01 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITBAD) Lamongan telah meluncurkan program kerja inovatif yang menargetkan SDN Kedungasri di Desa Kedungasri. Program berjudul “Ecoprint” bertujuan memberikan pelatihan kepada siswa-siswi SDN Kedungasri tentang cara mengelola limbah menjadi produk bernilai ekonomis.

Ecoprint adalah teknik olah dan pewarnaan yang unik, yang melibatkan pencetakan warna alami pada berbagai media seperti kain, daun, kulit, dan kayu dengan menggunakan teknik manual. Salah satu aspek utama dari teknik ini adalah penggunaan bahan pewarna alami yang dihasilkan dari daun-daunan dan sumber alam lainnya, menghilangkan kebutuhan akan bahan kimia berbahaya dan menciptakan solusi ramah lingkungan.

Sekretaris kelompok, Eka, menyatakan, “Harapannya dari program Ecoprint ini adalah agar siswa-siswi SDN Kedungasri dapat lebih terampil dalam memanfaatkan benda-benda di sekitarnya. Selain itu, ini juga menjadi pembelajaran berharga bagi generasi muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan Ecoprint, kita bisa mengurangi penggunaan limbah kimia yang merusak lingkungan,” ucapnya.

Pelaksanaan program Ecoprint berlangsung setiap Jumat di pekan ke-2, 3, dan 4 bulan Agustus 2023. Siswa-siswi kelas 3, 4, 5, dan 6 SDN Kedungasri secara antusias berpartisipasi dalam kegiatan ini, belajar teknik-teknik Ecoprint yang menarik dan berkelanjutan.

Program ini tidak hanya memberikan keterampilan praktis kepada anak-anak, tetapi juga mengajarkan mereka pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengolah limbah menjadi sesuatu yang bernilai. Dengan inisiatif seperti Ecoprint, generasi muda di Desa Kedungasri semakin siap untuk menjadi pelindung lingkungan dan penggiat ekonomi yang cerdas. (*)

Reporter Hani Azzuri Maharani. Editor Fathan Faris Saputro.

1
Share this article
Shareable URL
Prev Post

MPM PDM Lamongan Menggelar Workshop Pertanian Budidaya Pepaya Hawai

Next Post

Inilah 44 Formatur PDPM Lamongan Periode 2022-2026

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share