Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

8 Hal yang Perlu Dipersiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

MuhammadiyahLamongan.com – Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Sebagai bulan yang penuh maghfiroh atau penuh ampunan, banyak orang yang senantiasa gembira menyambutnya. Bagi orang beriman, maka hendaknya umat Islam bisa mempersiapkan bulan ini untuk merebut kasih sayang Allah.

Dalam buku dengan judul “Tuntunan Ibadah Pada Bulan Ramadhan” yang diterbitkan oleh Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah, setidaknya ada 8 hal yang perlu dipersiapan oleh umat Islam untuk menyambut bulan tersebut.

Pertama, dituntunkan agar setiap Muslim dan Muslimah mempersiapkan diri pribadi baik secara lahir maupun batin, dan memperbanyak melakukan puasa sunat di bulan Sya‘ban. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad saw:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ ….. مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلَّا رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ [متفق عليه]

Artinya: “Dari ‘Aisyah (ra), ia berkata: … Saya tidak pernah melihat Rosululloh (saw) berpuasa sebulan penuh selain bulan Ramadhan. Juga saya tidak pernah melihat beliau banyak berpuasa kecuali di bulan Sya‘ban. (Muttafaq ‘Alaih)

Kedua, melakukan pengkondisian Ramadhan pada bulan Sya‘ban di lingkungan masyarakat, rumah dan masjid-masjid dengan memperbanyak informasi dan kajian tentang Tuntunan Ibadah Ramadhan.

Ketiga, mempersiapkan sarana dan prasarana kegiatan di bulan Ramadhan, seperti sound system yang memadai, mempersiapkan dan membersihkan tempat wudhu, air wudhu, kotak-kotak infaq, peralatan ta‘jil, dan lain-lain.

Keempat, menjaga kebersihan, baik di dalam masjid maupun di lingkungan sekitarnya. Kelima, pengaturan shaf shalat dan keamanan di lingkungan. Keenam, melakukan penjadwalan mu’adzin, imam, penceramah, dan penjemputannya.

Ketujuh, mempersiapkan tempat shalat ‘Idul Fitri, serta Imam atau Khatib dan penjemputannya. Kedelapan, membentuk ‘amil zakat untuk memungut dan membagikannya serta mempersiapkan peralatannya.

Dengan demikian, hanya persiapan yang baiklah yang akan mendapat hasil yang baik, dan demikian pula sebaliknya. Semoga Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita untuk mempersiapkan diri di bulan Sya’ban sehingga memperoleh hasil yang maksimal di akhir Ramadhan.

Ingin tahu Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan selanjutnya? Ikuti terus di MuhammadiyahLamongan.com
(Rus)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Ada Pasar Murah Muhammadiyah. Penasaran? Disini Tempatnya!

Next Post

Tuntunan Puasa pada Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share