Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Cabor Panahan O2SM Lestarikan Olahraga Kesukaan Rasullullah

MuhammadiyahLamongan.com – Ajang Olimpiade Olahraga Siswa Muhammadiyah (O2SM) 2023 Cabang Olahraga (Cabor) Panahan bertempat di Ponpes Al Mizan Lamongan selama 3 hari, mulai dari tanggal 15 hingga 17 November 2023. Peserta dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA Muhammadiyah se-Karesidenan Bojonegoro turut ambil bagian dalam event ini.

Ketua cabang olahraga Panahan, Nafik Mahmud, menjelaskan bahwa penyelenggaraan lomba panahan dalam O2SM ini bertujuan untuk menyebarkan nilai-nilai olahraga Sunnah kepada anak didik di kalangan sekolah Muhammadiyah. Dalam kompetisi ini, penilaian dilakukan dengan sistem poin, di mana perkenaan anak panah terhadap target dinilai berdasarkan akumulasi 5 sesi.

Lomba panahan O2SM melibatkan 5 peserta dengan jarak perpanjangan yang berbeda antara kelas. Anak-anak kelas 1 sampai kelas 5 bersaing dengan jarak 7 meter, sementara kelas 4 sampai kelas 6 bersiap di jarak 10 meter. Kendati demikian, Nafik Mahmud menyoroti kendala di mana beberapa sekolah Muhammadiyah Lamongan belum memiliki ekstrakurikuler panahan, sehingga peserta didiknya belum dapat berpartisipasi dalam event ini.

“Tentu kendala utama adalah masih belum semua sekolah Muhammadiyah Lamongan memiliki ekstrakurikuler panahan, sehingga belum bisa mengikutkan peserta didiknya di event ini,” ujar Nafik. Meskipun demikian, Nafik tetap optimis bahwa event ini dapat memacu semangat peserta untuk belajar, berlatih, dan istiqomah dalam memanah.

Dalam pesannya, Nafik menyampaikan harapan bahwa perlombaan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, tetapi juga dapat menjadi wahana untuk membangun semangat belajar dan keistiqomahan. Ia menekankan bahwa panahan adalah olahraga yang disukai oleh Rasulullah, dan melalui kegiatan ini, diharapkan dapat terus dilestarikan dan menjadi inspirasi bagi generasi muda Muhammadiyah. (*)

Reporter Moch Muzaki. Editor Fathan Faris Saputro.

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Pisang Cavendish JATAM Lamongan Meriahkan O2SM 2023

Next Post

Megilan !! 2500 Siswa Mengikuti O2SM 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share