MuhammadiyahLamongan.com – Kemenangan Donald Trump pada pemilihan presiden Amerika Serikat merupakan salah satu yang menyita banyak perhatian. Keberadaan Trump pada kursi presiden AS bisa berdampak pada situasi keamanan dan politik dunia.

Begitu Trump terpilih terlihat seksi di mata dunia hal itu disampaikan Pradana Boy ZTF pada saat Kajian Rutin Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), Senin (3/9) malam. Bertempat di Halaman Parkir Gedung Dakwah Muhammadiyah Lamongan.

Kegiatan ini, rutin diselenggarakan setiap satu bulan sekali. Kali ini dengan mengangkat tema dengan pembahasan ” Prospek Hubungan Amerika Serikat dan Dunia Islam pada Pemerintahan Donald Trump”.

Di depan sebanyak 30 peserta, Pradana Boy mengungkapkan aksi politik trump saat memutuskan kebijakan melarang imigran dan pengunjung dari 7 negara yang warganya mayoritas muslim masuk ke Amerika Serikat berdampak buruk hubunganya dengan dunia islam.

Baca Juga  Pengajian Rutin PCM Sukodadi di PRM Talun

Sementara, menurutnya kebijakan lain yang dikeluarkan oleh Trump juga telah menyerukan pembangunan “tembok besar” di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, yang didanai Meksiko, demi membendung arus imigran tak berdokumen resmi dan penyalur narkotika ke wilayah AS.

Trump membangun tembok perbatasan dengan negara Mexico banyak menuai kecaman publik Amerika. Pasalnya, publik mempertanyankan banyaknya anggaran yang digunakan untuk membangun tembok tersebut, selain itu akan merusak hubungan diplomasi dengan negara tetangga.

Lebih lanjut, Boy menilai kebijakan Trump terhadap pelarangan imigran islam yang masuk adalah ahistoris atau melawan sejarah. Ia menjelaskan, semua orang tahu salah satu founding father AS Thomas Jefferson adalah Presiden ke 3 AS.

Baca Juga  Kajian AMM Lamongan Diantara Arus Dan Bui

“Jefferson memiliki koleksi perpustakaan terbesar pada masa itu. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa dari ratusan buku yang ia miliki tersebut terdapat sebuah Al qur’an,” tambah Boy yang juga Dosen di Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Jefferson juga diangga salah satu tokoh penulis naskah kemerdekaan AS. Boy mengutip pernyataan Keith Ellison salah seorang anggota konggres AS, menurutnya, Jefferson terinpirasi Al qur’an untuk membuat undang-undang kebebasan beragama, undang-undang tersebut juga menyatakan semua manusia diciptakan sederajat dan bebas memilih agamanya ( yang sangat identik dengan Al qur’an Al baqarah ayat 256).

Dengan demikian, keputusan Trump ini langsung berdampak. Hal ini menimbulkan kekacauan bagi dunia Islam-Amerika yang anggota keluarganya berencana akan pergi ke AS, pungkasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here