Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Latihan Tapak Suci, Program PPM Ternyata Rasanya Menggembirakan Bagi Siswa

MuhammadiyahLamongan.com – Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) STAI muhamamdiyah) Paciran Lamongan tahun 2021 kelompok Tebluru menggelar latihan Tapak Suci di halaman Perguruan Muhammadiyah Tebluru setiap jumat sore selama PPM. Latihan silat ini diikuti oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 06 Tebluru.

Pelatih Tapak Suci Asrufin Ramadhani mengatakan, Tapak Suci menjadi ekstrakurikuler yang wajib diiikuti semua siswa. ”Hari ini anak-anak fokus penguasaan materi di antaranya doa pembuka, doa penutup latihan dan gerakan-gerakan dasar Tapak Suci,” kata Mahasiswa PPM kelompok Tebluru ini.

Dengan program seperti ini bisa memperkenalkan kepada warga Muhammadiyah sejak dini bahwasanya Muhammadiyah mempunyai beladiri (pencak silat) sendiri yaitu Tapak Suci Putera Muhammadiyah. berharap semua warga Muhammadiyah mempunyai kesadaran bahwa kita memiliki wadah sendiri dan menjadikan besar atau tidaknya tapak suci ini semua berada di tangan kita sebagai warga persyarikatan karena kalau bukan kita yang membesarkan mau siapa lagi?

Bertapak suci juga bukan hanya belajar beladiri akan tetapi di antaranya sebagi olahraga untuk kesehatan badan jasmani dan rohani serta menjadikan tapak suci sebagai alat untuk berdakwah untuk mengajak kaum muda khususnya agar terhindar dari kegiatan yang di rasa kurang baik.

Di satu sisi belajar beladiri juga merupakan sunnah Rasulullah jadi apa yg kita lakukan tidak sia-sia karena bernilai ibadah asal ajaranya sesuai dengan alquran dan as sunnah.

Bagus, siswa dari kelas 5 MI Muhammadiyah 06 Tebluru ini mengatakan, senang bisa mengikuti ekstrakurikuler Tapak Suci ini. ”Jadi mengenal silat Tapak Suci. Tingkatan-tingkatannya, dan gerakan-gerakannya,” ujarnya dengan wajah sumringah.

Senada dengan Refi, ”Awalnya ikut Tapak Suci biasa-biasa saja. Makin lama asyik juga jurus-jurusnya. Saya senang bisa latihan bersama kakak-kakak PPM STAIM ini,” ujarnya. (Fathan Faris Saputro)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

PPM STAIM Paciran 2021 Kelompok Tebluru Donasi Buku: Menebar Manfaat bagi Sejuta Umat

Next Post

Menjalani Hidup dengan Tetap Berusaha, Berdoa dan Bertawwakal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share