Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

Penampilan Drama PAUD ‘Aisyiyah Takerharjo Membuat Heboh di Pengukuhan PDM dan PDA Lamongan

MuhammadiyahLamongan.com – Drama yang dipentaskan oleh siswa-siswi PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo berhasil mencuri perhatian pada acara pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Lamongan di Gedung Sport Center Lamongan, Ahad (11/6/2023). Drama ini mengangkat tema “Pengabdian Seorang Guru” yang sangat relevan dengan dunia pendidikan.

Mar’atush Sholihah Kepala Sekolah Penggerak PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo mengatakan, dalam persiapan untuk penampilan drama mereka, siswa-siswi PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo menghadapi tantangan waktu yang cukup singkat. Mereka hanya memiliki dua atau tiga hari persiapan karena juga terlibat dalam persiapan drama lainnya yang akan ditampilkan di lapangan Gajah Mada pada tanggal 9 Juni 2023 dalam rangka Hari Jadi Lamongan. Drama tersebut diminta oleh Dinas Pendidikan untuk mewakili PAUD dan mengusung kearifan lokal dengan bahasa Jawa yang berjudul “Kunir Asem Berkah”. Oleh karena itu, anak-anak harus memulai latihan dari nol untuk drama baru ini.

Dalam mempersiapkan penampilan drama di pengukuhan PDM dan PDA Lamongan, siswa-siswi PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo berlatih dan bekerja sama setelah jam sekolah pada pukul 10.30 hingga selesai, serta setelah mengaji di TPQ pada pukul 16.30 hingga 17.30 WIB. Mereka menjunjung tinggi semangat kerjasama dan dedikasi dalam mencapai hasil yang terbaik.

Guru dan orang tua di PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo memberikan dukungan dan tanggapan yang sangat positif terhadap penampilan drama anak-anak dalam pengukuhan PDM dan PDA Lamongan. Mereka merasa senang dan bangga melihat anak-anak tampil di hadapan banyak orang. Penampilan ini juga membantu mengembangkan kepercayaan diri dan keberanian anak-anak untuk tampil di depan publik, sehingga mental mereka menjadi lebih tangguh.

Melalui penampilan drama mereka di pengukuhan PDM dan PDA Lamongan, siswa-siswi PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo ingin menyampaikan pesan bahwa menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang mulia. Mereka ingin menekankan pentingnya kesabaran, kasih sayang, dan peran guru dalam membentuk karakter anak-anak menjadi anak-anak yang saleh dan salehah. Dengan demikian, mereka berharap bisa menjadi “Guru Panutan Guru Idaman”.

“Dalam penampilan drama tersebut, siswa-siswi PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo menunjukkan kreativitas dan bakat mereka dengan menghayati peran masing-masing sesuai dengan karakter tokoh dalam drama. Mereka juga terampil dalam memainkan drama sesuai dengan teks dan gerakan yang ditentukan,” ucapnya.

Pengenalan dan pengembangan seni Drama di usia dini, seperti yang dilakukan oleh PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo, memiliki pentingnya tersendiri. Melalui bermain drama, anak-anak dapat mengembangkan berbagai keterampilan dan bakat mereka secara holistik. Drama membantu mereka dalam mengasah kreativitas, ekspresi diri, kemampuan berkomunikasi, pemahaman sosial, serta kerja sama dalam tim.

PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo memberikan pengenalan seni drama kepada anak-anak sejak dini karena pemahaman awal ini akan membantu mereka dalam perkembangan selanjutnya. Anak-anak dapat belajar tentang berbagai aspek drama, seperti pengucapan dialog, intonasi suara, gerakan tubuh, serta pemahaman emosi dan karakter tokoh. Ini akan membantu mereka mengembangkan kepekaan artistik dan kemampuan bermusikalitas.

Menurutnya, melalui seni drama, anak-anak juga dapat belajar mengenai berbagai nilai dan pesan moral. Dalam proses mempersiapkan penampilan drama, mereka akan terlibat dalam memahami cerita, karakter, konflik, dan penyelesaian yang terkandung di dalamnya. Ini membantu mereka memperluas pemahaman mereka tentang dunia dan nilai-nilai yang ada di sekitar mereka.

Setelah pengukuhan PDM dan PDA Lamongan, siswa-siswi PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo berharap dapat terus mengembangkan bakat dan minat mereka dalam seni drama. Mereka dapat melanjutkan eksplorasi dan latihan dalam sentra main peran atau melalui kegiatan bermain dengan teman-teman mereka. Dengan dukungan guru dan orang tua, mereka dapat mengikuti pelatihan tambahan atau berpartisipasi dalam pertunjukan drama di tingkat yang lebih tinggi.

Harapan mereka adalah dapat terus meningkatkan kemampuan mereka dalam seni drama, memperoleh pengalaman baru, dan mungkin di masa depan dapat terlibat dalam pertunjukan teater yang lebih besar. Dalam hal ini, PAUD Percontohan ‘Aisyiyah Takerharjo dapat berperan sebagai wadah yang memfasilitasi pengembangan bakat dan minat siswa-siswinya dalam seni drama, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang berbakat dan kreatif dalam bidang seni.

 

Reporter : Hani Azzuri Maharani dan Fathan Faris Saputro

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Drumband TK ABA 1 dan 2 Meriahkan Pengukuhan PDM dan PDA Lamongan

Next Post

TK ABA 1 Sugio Tampil Enerjik dengan Senam HW di Pengukuhan PDM dan PDA Lamongan

Read next
0
Share