muhammadiyahlamongan-Ramaikan Jambore Daerah (Jamda) Hizbul Wathon) tingkat pengenal ke-X, KWARDA HW Lamongan menggelar lomba baca puisi yang dilaksanakan di SMKM 5 Babat.

Salah satu juri lomba baca puisi, Fathan Faris Saputro, mengatakan lomba tersebut untuk meningkatkan kesadaran siswa mengenai ilmu puisi.

“Ini bentuk KWARDA HW lamongan untuk meningkat minat baca, mental individu, diharapkan dengan melakukan sosialiasi melalui lomba yang melibatkan perwakilan setiap qobila 1 putra dan 1 putri, makin banyak yang berliterasi,” kata Fathan Faris Saputro, Sabtu (16/11).

Baca Juga  Dalam Kondisi Minoritas, Muhammadiyah Tunjukkan Kualitas

Menurutnya, dalam lomba baca puisi tersebut juga memasukan unsur pembaca, agar bisa meningkatkan minat baca di kota Lamongan.

“Sehingga dapat memenuhi target pemerintah mencapai generasi yang mengutamakan membaca” ungkapnya..

Dan, tegasnya, agar dapat menjadi pemenang dalam perlombaan , setiap peserta harus memenuhi beberapa kriteria penilaian juri, di antaranya, penguasaan panggung, intonasi, mimik, dan penghayatan.

Baca Juga  Semangat Hizbul Wathan MI Muhammadiyah 06 Tebluru di Agustus 2017

Juara baca puisi tersebut akan diumumkan saat penutupan JAMDA pada Minggi (17/11) sore.

Sementara itu, salah satu peserta, Hilman mengungkapkan saat ini minat anak-anak terhadap karya sastra seperti sajak, puisi dan syair sudah berkurang. Selain gencarnya game online, wadah untuk menyalurkan ekapresi anak-anak juga sangat sedikit.

“Sebab itu bersama KWARDA HW Lamongan, akan diharapkan membentuk kader yang suka bersastra.” tegasnya. (Muhammad Alim Nuruddin Zaki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here