Redaksi muhammadiyahlamongan.com menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Begini Efek Dari Smartphone/Gadget Apabila Digunakan Oleh Anak-Anak

1 min read

rs-muhammadiyah-lamongan

rs-muhammadiyah-lamonganMuhammadiyahLamongan.com – Rangkaian acara milad RS Muhammadiyah Lamongan yang ke-48 di akhiri dengan acara seminar parenting yang mendatangkan pakar parenting Indonesia ibu Elly Risman,Psi. Acara yang di laksanakan pada selasa 27 September 2016 di Auditorium RS Muhammadiyah Lamongan itu mengangkat tema tentang “Mengenali & Mengatasi Kecanduan Anak Pada Internet, Pornografi & Games Online” selain Elly Risman yang menjadi pembicara utama, juga hadir dalam acara tersebut dr.Taufiqurrahman, Sp.A (dokter spesialis anak) yang mengupas tentang pengaruh Smartphone/Gadget pada kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak.

Smartphone/Gadget ibarat pisau bermata dua, satu sisi sangat dibutuhkan dan memudahkan kita dalam hal komunikasi, hobby bahkan pekerjaan. Tetapi pada satu sisi yang lain Smartphone /gadget juga mempunyai efek negatif jika tidak digunakan secara tepat & proporsional., khususnya jika Smartphone/Gadget di ”pegang dan dikuasai” oleh anak-anak. Ungkap dr. Hj. Umi Aliyah, MARS dalam sambutanya.

Ditambahkan oleh dr. Umi “Anak-anak belum mempunyai pemahaman yang cukup untuk memilah mana yang penting dan tidak penting, mana yang baik dan mana yang lambat atau cepat menimbulkan keburukan”.

Beberapa permainan dan aplikasi yang bisa dengan mudah diunduh di gadget / smartphone sangat menarik perhatian anak-anak bahkan menyita sebagian besar waktu mereka di depan smartphone tersebut sehingga gadget menjadi ‘teman” yang sangat akrab bahkan mungkin melebihi keakraban mereka dengan teman ‘nyata’ di lingkungan mereka jika sudah kecanduan.

Acara tersebut juga mendatangkan ketua tim penggerak PKK kabupaten Lamongan ibu Hj.Mahdumah Fadeli, S.Pd, M.Pd (istri bupati Lamongan) yang dalam sambutanya menyampaikan “Kita sebagai orang tua harus waspada dan menjadi filter pertama untuk semua hal yang melingkupi anak-anak kita. Untuk itu wawasan luas, pemahaman yang selalu update dan terutama adalah waktu yang berkualitas yang wajib kita luangkan untuk anak-anak kita. Salah satunya adalah dengan serius dan seksama memahami materi-materi terkait parenting. Sehingga mereka menjadi anak-anak yang cerdas dan unggul baik secara keilmuan dan yang tak kalah penting cerdas & unggul secara kepribadian.”

Acara yang dibuka langsung oleh ibu Hj.Mahdumah Fadeli, S.Pd, M.Pd itu melibatkan PKK kabupaten Lamongan selain itu juga melibatkan Pimpinan Daerah Aisyiyah Lamongan juga guru – guru PAUD dan TK di Kabupaten Lamongan.(Bayu)

Redaksi muhammadiyahlamongan.com menyajikan suguhan dakwah media massa yang sejuk, Islami dan berkemajuan. Berbasis komunitas dan berpedoman pada tujuan persyarikatan Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *