Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

Beginilah Cara Komunikasi Efektif

smk muhammadiyah 6 modo

smk muhammadiyah 6 modoMuhammadiyahLamongan.com – Riuh rendah suara semangat menyelimuti para siswa-siswi SMK Muhammadiyah 6 Modo, dalam acara Motivasi siswa kelas XII. Kegiatan berlangsung di Masjid Darul Arqom, pagi ini, 8 April 2017. Walaupun motivasi hanya berlangsung selama 60 menit, namun membuat siswa yang baru menempuh Ujian Nasional ini nampak puas dan lega.

Mas Aris, begitu nama akrab dari Aris Setiawan, M.Si., menyampaikan tips komunikasi efektif. “setelah ini kalian akan terjun ke masyarakat, bergaul dengan mereka, menemui dengan berbagai karakter yang berbeda, dibutuhkan kemampuan komunikasi yang efektif dan kreatif”, tanda motivator nasional ini.

Lebih lanjut, Aris, membeberkan 4 reserp komunikasi efektif, diantaranya :

Pertama, perhatikan bahasa tubuh. Ketika komunikasi dengan orang lain, tubuh sangat mendukung efekktifitas, bahkan sebelum lisan meluncur, tubuhlah yang akan direspon pertama kali. Duduklah dengan nyaman. Tunjukkan bahwa tubuh Anda siap berkomunikasi.

Kedua, Fokuslah dengan lawan bicara. Bagaimana tatapan mata anda. Ketika komunikasi, fokuslah dengan lawan bicara, dengarkan dengan seksama. Kalau Anda masih membutuhkan lawan bicara maka perhatikan dan jadikan dia orang penting, kecuali kalau anda segera ingin mengakhiri. Jangan sambil pencet-pencet gadget, kalau butuh menjawab SMS atau telepon, mintalah ijin kepada lawan bicara.

Ketiga, Lakukan dengan Sepenuh Hati. Buang rasa kesal, jengkel kepada lawan bicara. Ingatlah, bahwa lawan bicara tidak hanya butuh kehadiran tubuh, tapi juga kehadiran hati. Keihklasan dalam menerima lawan bicara.

Keempat, Hindari perdebatan. Perdebatan hanya menumbuhkan kebencian, walau kalian dalam posisi benar. Apalagi debat kusir.

Kelima, Jalin silaturoohim. pertahankan teman yang ada dan cari teman baru sebanyak-banyaknya.

Diakhir sesi, Aris mengajak siswa untuk bermain game. antusiasme, semangat dan gelora jiwa nampak dati wajah-wajah para siswa.

Mohamad Suud, Kepala SMK Muhammadiyah 6 Modo, merasa senang karena siswa-siswi kelas XII lebih siap menatap masa depan. (red)

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Khawatir UNBK Bermasalah, Siswa SMAMPAN Gelar Do’a Bersama

Next Post

Drs. Suyoto, M.Si : Dalam hidup “Jangan Lupa Bahagia”

Read next
0
Share