Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

Mahasiswa Muhammadiyah Harus Turut Menjaga Kelestarian Laut

seminarMuhammadiyahLamongan.com – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (PK IMM STIE) Muhammadiyah Paciran, selenggarakan Seminar Kelautan dengan tema Peran Mahasiswa dalam membangung bangsa disektor ketahanan laut dan perikanan, dalam menghadapi MEA.

Dalam seminar tersebut hadir sejumlah narasmber, diantaranya Nu’man Suhadi, S.Pi, Sekertaris Bidang Buruh Tani dan Nelayan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupeten Lamongan da Mulyono, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Lamongan.

Menurut Nu’man Suhadi S.Pi dalam membangun bangsa di sektor ketahanan laut dan perikanan, dalam menghadapi MEA mahasiswa harus mengkampanyekan gerakan kelestarian laut. “ Agar laut terhindar dari prilaku-prilaku yang dapat menyebabkan kerusakan laut,  baik yang disebabkan oleh industri maupun individu.” Tegas Nu’man Suhadi S.Pi

Nu’man, panggilan Nu’man Suhadi S.Pi menambahkan secara periodik mahasiswa harus membuat program aksi bersih pantai dengan mengajak seluruh elemen masyarakat.

“Langka berikutnya adalah mendorong pemerintah untuk melakukan reformasi regulasi pengembangan pembangunan wilayah pesisir pantura yg ramah lingkungan” urai Sekertaris Bidang Buruh Tani dan Nelayan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupeten Lamongan tersebut.

Terkait konteks gerakan kemahasiswaan, Nu’man menerangkan, mahasiswa harus melakukan penguatan basis ilmu pengetahuan, termasuk penguatan di bidang sektor kelautan.

“Berikutnya adalah mempertajam kepekaan sosial, tidak ada gunanya ilmu yang telah dipelajari jika buta sosial, tidak mau ikut andil merasakan kegelisahan masyarakat. Termasuk kegelisaan masyarakat nelayan” tegas Nu’man.

foto seminar“Langka ketiga adalah membangun jaringan. Ketika kedua pilar diatas sudah dilakukan, sebagai penyeimbang dan jalan perubahan, mahasiswa harus membangun relasi dengan seluruh element masyarakat, baik pemerintah, tokoh masyarakat ataupun pengusaha” tambah alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.

Seminar Kelautan dengan tema Peran Mahasiswa dalam membangung bangsa disektor ketahanan laut dan perikanan, dalam menghadapi MEA tersebut diikuti mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE) paciran yang tergabung Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (PK IMM STIE) Muhammadiyah Paciran dan  perwakilan dari Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah se-Lamongan. (red/Musa/Ali).

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Warga Muhammadiyah Harus Kuat Aqidah Dan Cerdas

Next Post

PAUD Aisyiyah Perkuat Program Pendidikan Kejujuran Anak

Read next
0
Share