Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

“Nganyari” Gedung Dakwah Muhammadiyah Laren

gedung-dakwah

gedung-dakwahMuhammadiyahLamongan.com – Sejarah baru mulai ditorehkan oleh Keluarga Besar Muhammadiyah Cabang Laren. Sejarah itu melalui iradah yang sudah cukup lama masuk dalam program PCM Laren. Yakni mewujudkan Gedung Dakwah Muhammadiyah  (GDM) Cabang Laren. Pada 9 Oktober 2016, iradah tersebut walaupun baru 65 %, disaksikan  750 Pendidik PAUD ‘Aisyiyah se-Kabupaten  Lamongan  hadir dan mengikuti  Pembinaan Pendidik PAUD ‘Aisyiyah (KB, TK, TPA &SPS) Se-Kabupaten Lamongan yang dilaksanakan oleh IGABA (Ikatan Guru Bustanul Athfal ‘Aisyiyah) Daerah Lamongan dan ditempatkan di Cabang Laren.

Dalam acara yang digilir di setiap cabang ini sebagai narasumber Muhammad Amrullah, S.Pd., M.Pd. dengan materi Bercerita tanpa Alat. Sebelum materi inti, dilakukan pembinaan Ketua PDA Lamongan dan Wakil Ketua PDM Lamongan (KH. Ali Hilmy, M.Ag).

Pembukaannya dihadiri H. Husnul Aqib (Anggota DPRD Prop. Jatim Fraksi PAN), Nur Kholiq (Anggota DPRD Kab. Lamongan Fraksi PAN), Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Laren, Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ketua PCM Laren, Ketua dan Anggota PCA Laren.  Sebagai pra acara penampilan tari dari anak didik TK ABA Bulubrangsi dan TK ABA Laren.

GDM Cabang Laren ini sendiri cukup megah dan representatif-strategis. Berada di Jalan raya antara Laren-Blimbing Desa Gampangsejati Kec. Laren ini dimulai dari pembelian lahan seluas 2458 meter persegi dan sekaligus dilakukan pengurugan tanah tahun 2012.  Baru kemudian pertengahan tahun 2014 dimulai tahap pertama pembangunan dan dilanjutkan awal 2016. Keberadaan GDM Cabang Laren ini sendiri dimaksudkan salah satunya sebagai pusat menejemen gerakan dakwah Muhammadiyah Laren, yang tentunya juga bersama Organisasi Otonomnya, untuk kehidupan Persyarikatan di  abad kedua.

Maka dari itu, GDM direncanakan terdiri dari bangunan yang merupakan satu kesatuan, yakni (1) Hall/aula serba guna yang berkapasitas kurang lebih 500 orang dan didukung tanah lapang di sebelah barat hall yang berkapasitas kurang lebih 1000 orang. (2) ruang kesekretariatan Muhammadiyah dan Ortom; (3) Masjid; (4) Ruang kantin dan minimarket (bagian dari jihad ekonomi); (5) Gedung Amal usaha (sekolah atau panti asuhan) yang akan dibangun di area tanah atau lokasi yang sama.

Upacara Peresmian Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah Cabang Laren dilaksanakan pada 14 September 2014 di tanah lapang (bangunan baru wujud tiang) GDM yang dihadiri oleh Prof. Dr. H. Thohir Luth, MA (Ketua PWM Jatim 2010-2015), KH. Abdul Hakam Mubarok (Ketua PDM Lamongan 2010-2015), H. Fadeli, SH.MM (Bupati Lamongan). Sebelum acara ini juga diadakan kegiatan Perkemahan Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Cabang Laren.

Sebelum acara Pembinaan Guru PAUD Aisyiyah tersebut, pada 7 Oktober 2016, GDM dipergunakan Pimpinan Ranting Aisyiyah Ranting Laren untuk menggelar Pengajian Rutin Bulanan, yang dihadiri oleh sekitar 100 warga.

Pada 20 November 2016, GDM Cabang Laren juga akan ditempati acara Pelantikan PCM-PCA beserta PRM-PRA se-Cabang Laren dan sekaligus  Peringatan Milad Muhammadiyah ke-104 tahun 2016. Ketua PP Muhammadiyah, Bapak Dokter H. Agus Taufiqurrohman, M.Kes. akan hadir memberikan pencerahan. Oleh karena itu, PCM Laren mengharapkan bantuan doa dan materiil dari para muhsinin untuk melanjutkan Pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah ini. (Maslahul Falah).

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Alumni STIKES MUHLA Diharapkan Dapat Membawa Misi Islam Dan Muhammadiyah

Next Post

Akhlaqul Karimah Sebagai Kunci Keberhasilan Dakwah

Read next
0
Share