Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

Shalat Idul Fitri di Sukodadi: Khatib Mengingatkan akan Kepedulian Sosial

MuhammadiyahLamongan.com – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Sukodadi menyelenggarakan shalat Idul Fitri yang diadakan di halaman Masjid Darussalam Sukodadi pada hari Rabu (10/4/2024). Sebelum dimulainya shalat Idul Fitri, salah satu takmir masjid memberikan beberapa pengumuman terkait kegiatan yang telah dilakukan selama bulan Ramadan.

Salah satu kegiatan yang disampaikan adalah penyaluran zakat fitrah sebanyak 960 Kg yang telah disalurkan kepada 240 fakir miskin. Ini menunjukkan semangat kepedulian dan kebersamaan umat Islam dalam membantu sesama selama bulan suci Ramadan.

Lebih dari seribu jamaah turut hadir dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri ini. Imam dari salah satu takmir Masjid Darussalam Sukodadi didampingi oleh khatib dari Pondok Pesantren Al-Mizan Lamongan, yaitu Ustaz Ainul Yaqin Ahsan, M.Pd.

Dalam khutbahnya, Ustaz Ainul Yaqin menyampaikan pesan penting tentang makna sebenarnya dari merayakan kesucian dalam Ramadan. “Kesucian yang kita rayakan hari ini bukanlah hanya tentang ritual ibadah semata, namun juga tentang kesiapan seseorang untuk berpuasa dan mempersembahkan zakat fitrah sebagai bentuk pengampunan dan membersihkan diri dari sifat bakhil,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan jamaah tentang adab bertamu yang sering dilupakan, seperti menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi seperti karir, status sosial, dan kondisi anak. “Hal-hal tersebut dapat menyinggung perasaan seseorang, oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam bertanya dan menyampaikan suatu hal,” tambahnya.

Khutbah ditutup dengan doa yang dipanjatkan oleh Ustaz Ainul Yaqin, berharap agar bulan Ramadan ini membawa keberkahan bagi umat Islam dan memberikan kesadaran akan pentingnya tolong-menolong serta sikap empati terhadap sesama. (*)

Reporter Dini Fatrisia Hasniati. Editor Fathan Faris Saputro.

5
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Kemenangan dan Revolusi Spiritual, Khutbah Idul Fitri di Lukrejo Kalitengah

Next Post

PCIM Malaysia Gandeng PDM Lamongan Gelar Pelatihan Masak Soto

Read next
0
Share