Kultum “Sistem Berjalan Baik Apabila Saling Bersinergi”

1 min read

Kultum rutin setelah shalat dhuhur, Masjid KI Bagus Hadikusumo (KBH) Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) pada hari Senin (6/9/2021) dengan penceramah Ustadz Khubby Mulyono, LC MA

Pada kesempatan itu ustad Khubby menyampaikan “Di dalam suatu sistem, semua komponen itu sangat penting dan berkaitan, tidak ada yang lebih penting antara satu komponen dengan komponen lainya, karena suatu sistem tidak akan pernah berjalan tanpa ada komponen yang lainya.

Ustad Khubby mengibaratkan “sebuah motor yang baru dan tidak mengalami kendala apapun pada mesinya, tidak akan pernah bisa berjalan dan beroperasi jika tanpa adanya busi atau rantai motornya putus.

Institusi kita juga merupakan sistem yang terdiri atas berbagai sub sistem yang saling terkait dan saling terhubung satu dengan yang lainya

Yang terpenting semuanya harus bisa bersinergi antara satu dan lainya, antara bagian satu dengan bagian lainya. Sehingga sistem akan berjalan dan beroperasi dengan baik dan mampu mencapai tujuan dan kesuksesan bersama” Ungkap Ustad Khubby

Lanjut Mas Kbubby panggilan akrabnya “Selain menjadi orang tua, Guru adalah orang yang mendidik dan mengajarkan ilmu kedapa murid-muridnya dengan kiat dan usahanya masing-masing. Yang In Sya Allah tujuanya adalah demi kesuksesan murid-muridnya.

Semoga kita semua mampu untuk menghormati guru dan siapapun yang mengajarkan kita tentang kebaikan dan ilmu apapun itu. Dan semoga kita semuanya mampu menjadi insan cendekia yang berakhlak mulia, Aamiin.

Di tengah-tengah kultumnya, Ustadz Khubby mengutip ayat Alquran Surat Al-Ambiya’ ayat 10 yaitu “Sungguh, telah Kami turunkan kepadamu sebuah kitab (Al-Quran), yang didalamnya terdapat peringatan bagimu. Maka apakah kamu tidak mengerti?” (QS. Al-Ambiya :10).

Begitu juga Surat Al-Waqiah ayat 76 yaitu “Sesungguhnya Al-Quran itu adalah bacaan yang sangat mulia” (QS. Al-Waqiah:76).

Al-Quran adalah kitab suci yang paling mulia, karena diturunkan oleh Allah kepada manusia termulia, ditempat termulia dan waktu yang paling mulia. Sehingga siapapun yang membaca, mengenal, mendekat dan bisa mengaplikasikanya dalam kehidupan, maka dia akan dimuliakan oleh Allah SWT.

Di akhir penyampainya Ustadz Khubby mengajak selalu berusaha mengenal, membaca, mengaji, mengkaji, mendekat dan selalu berusaha untuk mengaplikasikan apa yang ada dalam Al-Quran dalam kehidupan kita. Berusahalah, berdoalah dan bertawakallah maka tunggulah dengan Ijin Allah, Allah akan memuliakan kita dan akan memberikan yang terbaik untuk kita semuanya. Ungkap Ustadz Khubby Mulyono ketua Ta’mir Masjid KBH UMLA. (Saifudin, Alfain)

Monggo yang berkenan berdonasi, untuk kemakmuran masjid dan kemaslahatan umat :
1. Nomor Rekening : 0283113030 (Masjid Kibagus Hadikusumo UMLa).
2. Nomor Rekening : 0283211789 (LazizMu Universitas Muhammadiyah Lamongan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *