Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

MI Muhammadiyah 16 Paciran Gelar Munaqosah Hafalan Alquran

MuhammadiyahLamongan.com – MI Muhammadiyah 16 Paciran menggelar acara munaqosah hafalan Alquran yang diikuti oleh 41 siswa dan siswi pada hari Senin-Selasa (20-21/5/2024). Acara yang digelar di Masjid Al-Manar Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran ini merupakan bagian dari upaya untuk menilai kompetensi hafalan Alquran para siswa.

Dalam kegiatan ini, tujuh dewan pengujipun disiapkan oleh lembaga untuk menilai kemampuan para peserta. Ketua kegiatan Tahfidz, Luluk Zunaidah, menjelaskan bahwa penilaian terhadap hafalan Alquran siswa dilakukan berdasarkan dua aspek utama, yaitu bacaan dan hafalan juz 30.

“Munaqosah hafalan Alquran juz 30 merupakan kegiatan wajib dan rutin yang diselenggarakan oleh MIM 16 Paciran khusus untuk kelas enam yang akan purna. Setiap peserta yang berhasil akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kelulusan,” ungkapnya.

Dalam upaya memberikan motivasi lebih kepada para siswa dan siswi, kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk evaluasi semata. Sepuluh siswa terbaik akan dipilih sebagai apresiasi, motivasi, dan juga inspirasi bagi yang lainnya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para siswa dalam menghafal Alquran, baik di Madrasah maupun di rumah.

Kepala MIM 16 Paciran, Ni’ayah, S.Ag, mengungkapkan bahwa antusiasme dari Ikatan Wali Murid Madrasah (Ikwam) sangatlah tinggi terhadap kegiatan ini. Mereka merasa senang dan bangga atas terselenggaranya kegiatan munaqosah hafalan Alquran juz 30 ini.

“Terselenggaranya kegiatan mulia ini adalah berkat dukungan moril dan materil dari para guru dan keluarga besar MIM 16 Paciran. Kami mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang telah diberikan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan harapannya agar dengan hafalan Alquran yang dimiliki, para siswa dan siswi kelak dapat menjadi generasi Qur’ani yang tangguh, berakhlak mulia, serta mampu menjadi individu yang bermanfaat bagi agama, bangsa, dan negara. Diharapkan pula bahwa mereka dapat menjadi penyemangat bagi kedua orang tua mereka di hari kiamat. (*)

Reporter Ma’in. Editor Fathan Faris Saputro.

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

Muhammad Farid Ridlwan Pimpin PC IPM Brondong 2023-2025

Next Post

SMKM 2 Brondong Gelar Salam Pamit dan Tasyakuran Kelulusan Kelas 12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share