Muhammadiyah Lamongan Berkemajuan

+1 202 555 0180

Have a question, comment, or concern? Our dedicated team of experts is ready to hear and assist you. Reach us through our social media, phone, or live chat.

Kuliah Praktisi PGSD UMLA: Mengasah Soft Skill

MuhammadiyahLamongan.com – Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) menggelar kegiatan kuliah praktisi dengan tema “Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar” sebagai langkah strategis dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa PGSD dalam menyusun rancangan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium Budi Utomo pada hari Selasa, (5/12/2023).

Kuliah praktisi menjadi agenda rutin yang diadakan setiap semester oleh Prodi PGSD UMLA sebagai bagian luaran dari mata kuliah Perencanaan Pembelajaran di SD. Seluruh mahasiswa dari prodi PGSD UMLA turut serta dalam kegiatan ini, yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang luas kepada mahasiswa terkait dengan perencanaan pembelajaran.

Dua narasumber utama yang diundang dalam kegiatan ini merupakan praktisi yang ahli dalam bidang perencanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Narasumber pertama adalah Bapak Farid Suhermanto, S.Pd. M.Pd, seorang guru di SD Negeri Jatipandak. Sementara narasumber kedua adalah Ibu Ana Ropikaningsih, S.Pd, seorang guru di SD Negeri 2 Balongwangi. Kehadiran keduanya diharapkan dapat memberikan insight yang berharga kepada mahasiswa terkait tantangan dan perkembangan terkini di dunia pendidikan dasar.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi PGSD UMLA, A.F. Suryaning Ati MZ, M.Pd, menyampaikan tujuan dari kegiatan kuliah praktisi ini. Beliau menekankan bahwa kegiatan ini diadakan untuk memberikan mahasiswa PGSD wawasan luas dan ilmu yang praktis. Lebih lanjut, A.F. Suryaning Ati MZ, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa siap menghadapi perubahan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman, serta memberikan pengalaman langsung terkait implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar.

“Harapannya dengan diadakan kegiatan ini, mahasiswa PGSD mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam setiap pembelajaran. Mata kuliah ini memiliki peran pokok dalam merencanakan pembelajaran di sekolah dasar,” ucap A.F. Suryaning Ati MZ, M.Pd.

Kuliah praktisi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan soft skill mahasiswa PGSD UMLA, mempersiapkan mereka untuk tantangan dunia kerja, dan membekali dengan pengetahuan yang relevan dan up-to-date dalam merencanakan pembelajaran di Sekolah Dasar. Semangat belajar mahasiswa diharapkan semakin tumbuh dan berkembang seiring dengan berbagai pengalaman yang didapatkan melalui kegiatan ini. (*)

Reporter Syafna Cahaya Arfina. Editor Fathan Faris Saputro.

0
Share this article
Shareable URL
Prev Post

DPM UMLA Sosialisasikan AD ART, GBHO, dan Pedoman Administrasi

Next Post

Suksesnya Turnamen Futsal Cup PCM Sugio dalam Rangkaian Milad Muhammadiyah Ke-111

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Read next
0
Share